Menarik, Batik On The Sea 2019 akan Dihiasi Parade Layang-Layang 3 Dimensi

Layang-layang 3D

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Pelaksanaan Batik On The Sea 2019 yang akan digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dipastikan akan menyedot perhatian masyarakat. Pasalnya, kegiatan yang akan dilaksanakan di Pantai Slopeng, Kecamatan Dasuk itu akan dihiasi parade layang-layang 3 dimensi (3D).

Parade layang-layang 3D pada acara yang akan digelar tanggal 27 Juli 2019 itu memiliki tujuan untuk memelihara budaya batik serta memelihara permainan tradisional sebagai alat pemersatu pada era mellineal.

Novi Sujatmiko, salah satu panitia kegiatan tersebut mangatakan, hal itu dilakukan untuk memperkenalkan potensi dan keindahan wisata di Kabupaten Sumenep yang digabungkan dengan keluhuran budaya batik dan permainan tradsional.

“Penting diketahui, bahwa layangan atau bisa disebut layang-layang merupakan permainan yang dikenal di seluruh dunia. Secara harfiah adalah lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang kedaratan atau pengendali,” katanya, Senin (22/07).

Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar itu juga menuturkan, layang-layang yang memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai alat pengangkatnya, merupakan daya tarik sebuah wisata atau bisa meniadi cindera mata.

“Selain sebagai permainan layang layang juga syarat dengan kebudayaan bahkan layang layang sendiri bisa di asimilasikan dengan budaya yang ada di daerah tersebut,” imbuhnya.

Parade layang layang sendiri merupakan sebuah kegiatan yang menampilkan layang layang dengan berbagai corak dan ragamnya, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi sebagai sebuah bentuk event kebudayaan atau ritual tertentu disebuah daerah.

“Jadi, Parade layang layang batik merupakan sebuah kegiatan yang menggabungkan antara keindahan seni layang layang dan tradisi batik,” tambahnya.

Selain tujuan itu, parade ini untuk membuat daya tarik pariwisata pantai dengan event event yang menarik yang salah satunya adalah parade layang layang batik.

Dijelaskan, Parade layang layang batik ini mempunyai ketentuan, yakni :

  1. DiikUti oleh berbagai komunitas layang – layang di Madura
  2. Layang – layang yang ditampilkan adalah jenis layang – layang 2 Dimensi dengan batik sebagai bahan dasar utama
  3. Layang – layang akan dilepaskan dengan tetap mengutamakan keselamatan
  4. Layang – layang akan dilepaskan ditepi pantai sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh panitia.
  5. Setiap layang – layang yang dilepaskan terdiri dari 1 grup dengan 4 anggota penarik.
  6. Parade layang – layang batik akan mennadi kegiatan pembuka pada kegiatan Fashion Batik On The Sea 2019.

Untuk diketahui, kegiatan yang merupakan rangkaian event Sumenep Visit Years 2019 ini bakal dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep A. Busyro Karim dan bakal dihadiri oleh Kepala Disbudparpora Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pariwisata atau dinas Budparpora se Jawa Timur.

Selain itu, akan hadir pula pengusaha se Indonesia, Pengraiin Batik Se-Jawa Timur, Pengusaha Batik Se- Jawa Timur, Perancang Busana Se- Jawa Timur, Pecinta Fashion Se- Jawa Timur, Fotografi Se-Jawa Timur dan Pecinta Layang Layang Se- Jawa Timur. (Lam/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here