Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 7 Jun 2024 07:33 WIB ·

Mahasiswa Unipra Datangi Kantor KPU Kota Surabaya, Ini Tujuannya


Mahasiswa Unipra Datangi Kantor KPU Kota Surabaya, Ini Tujuannya Perbesar

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP) FISIP Universitas W.R Supratman (Unipra) Surabaya, menggelar audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, pada Kamis (06/06/2024) di Jl. Adityawarman No.87, Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.

Ketua Himap FISIP Unipra, Siti Khadijah menyampaikan, tujuan dari audensi ini untuk berdiskusi dengan KPU secara langsung terkait partisipasi masyarakat yang dirasa masih tergolong rendah.

“Partisipasi pemilih Surabaya pada Pemilihan Walikota (Pilwali) 2020 berbanding jauh dari target (77,5 persen), oleh sebab itu kami beraudiensi ke KPU untuk mendengarkan secara langsung apa penyebab dari rendahnya partisipasi masyarakat di Kota Surabaya,” ujarnya di sela-sela audiensi bersama Komisioner KPU Kota Surabaya.

Pernyataan tersebut sontak langsung dijawab oleh Anggota KPU Kota Surabaya, Subairi. Ia mengatakan, partisipasi masyarakat pada Pilwali Kota Surabaya tahun 2020 memang tidak mencapai target. Sebab kondisi saat itu, pandemi Covid-19 di Surabaya sedang memasuki zona hitam.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Subairi, KPU Kota Surabaya, tidak dapat melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih secara masif. Subairi melanjutkan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat setidaknya meliputi tiga komponen yaitu, pendidikan pemilih, sosialisasi, dan juga ada partisipasi masyarakat.

‘Karena kalau kita hanya melakukan pendidikan pemilih saja, dan tidak melakukan sosialisasi, tentu peningkatan partisipasi masyarakat itu bisa minim,” kata Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM itu.

Terlepas daripada itu, ia berharap partisipasi masyarakat pada Pilwali Kota Surabaya 2024 nanti dapat meningkat dari Pilwali sebelum-sebelumnya.

“Kedepan harapan kami dengan partisipasi aktif dari temen-temen terutama mahasiswa dari Universitas W.R Supratman Surabaya dapat menjadi agen sosialisasi agen pendidikan pemilih terhadap masyarakat terutama minimal di keluarga masing-masing,” pungkas Subairi. (Imam Hambali/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Kades di Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

13 June 2024 - 19:58 WIB

Pj Bupati Bangkalan Lantik PAW Kades Labeng, Begini Pesannya

13 June 2024 - 18:00 WIB

Pj Bupati Tanggapi Prihal Anggaran Puluhan Juta untuk Foto Kopi di Dinas Pertanian Bangkalan

13 June 2024 - 09:56 WIB

Bertahun-tahun Perusahaan Pemotongan Kapal di Bangkalan Beroperasi Tanpa Izin

12 June 2024 - 14:43 WIB

Aktivis Anti Korupsi Pertanyakan Anggaran Puluhan Juta Dinas Pertanian Bangkalan untuk Apa?

12 June 2024 - 14:25 WIB

Akhir Semester Genap, Siswa SMA Al Muslim Diberikan Simulasi Tes Speaking Bahasa Inggris

11 June 2024 - 22:57 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA