Lapas Pamekasan Ajukan 709 Warga Binaan Bisa Dapat Remisi Kemerdekaan

Ilustrasi

PAMEKASAN, Lingkarjatim.com – Sebanyak 709 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas ll A Pamekasan diusulkan untuk bisa mendapatkan remisi di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Pamekasan, I Made Supartana, Rabu (7/8/2019).

“Dari 709 warga binaan yang telah kami usulkan sudah memenuhi persyaratan, namun walaupun begitu kami belum bisa memastikan bisa dikabulkan semua,” katanya.

Karena tugas dari pihak lapas, lanjut dia, hanya sekedar bisa mengusulkan dan yang bisa menentukan merupakan wewenangnya Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Berdasarkan pasal 14 Huruf L Undang Undang (UU) No 12 tahun 1995 tentang “Cuti Menjelang Bebas” adapun cuti yang diberikan terhadap warga binaan, yakni setelah menjalani lebih dari dua pertiga masa pidana dengan ketentuan harus berkelakuan baik dan jangka waktu cuti sama dengan remisi terakhir paling lama enam bulan.

“Dengan adanya pengajuan susulan, maka sangat dimungkinkan total akhir warga binaan yang akan kami ajukan dapat remisi kemungkinan akan bertambah dari jumlah tersebut,” imbuhnya.

Besaran remesi yang diusulkan oleh lapas kelas ll A pamekasan berpareasi, mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan. (Rul/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here