Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 23 Aug 2017 11:43 WIB ·

Kurangi Resiko Bencana, BPBD Jatim Gelar Lomba Desa Tangguh Bencana


Kurangi Resiko Bencana, BPBD Jatim Gelar Lomba Desa Tangguh Bencana Perbesar

Sudarmawan Kepala BPBD jatim saat berkunjung ke salah satu desa di Jawa Timur

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Sebagai upaya pengurangan risiko bencana alam di Jawa Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur melakukan berbagai macam upaya. Diantaranya adalah Program Lomba Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dan Kerjasama dengan perguruan tinggi (Asosiasi Perguruan Tinggi Tenaga Kesehatan/AIPTINAKES) di Jawa Timur.

“Jawa Timur ada dalam posisi yang rawan terhadap bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial. Berdasarkan data dan kejadian bencana yang terjadi di Jawa Timur, hampir seluruh wilayah provinsi ini rentan terhadap bencana,” Ujar Sudarmawan Kepala BPBD Jatim, Rabu (23/08/207).

Kondisi tersebut lanjutnya, berkontribusi pada tingginya indeks risiko bencana (IRB) di Jawa Timur. Upaya yang bisa dilakukan untuk bisa menurunkan indeks risiko bencana adalah dengan melakukan upaya pengurangan tingkat bahaya, pengurangan Tingkat Kerentanan dan Peningkatan Kapasitas masyarakat dan pemerintah untuk mengurangi risiko bencana.

“Desa Tangguh Bencana adalah desa/kelurahan yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terkena bencana,” Imbuhnya.

Dikatakannya, kemampuan tersebut diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca keadaan darurat.

“Oleh karena itu dalam implementasinya BPBD Jawa Timur telah mendorong percepatan pengembangan desa tangguh bencana diwilayah Kabupaten dan Kota se Jawa Timur,” Pungkasnya.

Adapun peserta yang lolos kualifikasi administratif Lomba Desa Tangguh Bencana (DESTANA) 2017 dengan 3 Kategori yang dilombakan yaitu Kategori DESA TANGGUH PRATAMA (6 DESA), DESA TANGGUH MADYA (8 DESA) dan DESA TANGGUH UTAMA (5 DESA). Pelaksanaan lomba desa tangguh bencana pada tahun 2017 dilakukan mulai bulan Agustus-Oktober 2017. (Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA