Kuliah di STKIP PGRI Bangkalan Bisa Selesai dalam 2 Semester, Ini Syaratnya

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Bangkalan membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Program jalur RPL tersebut adalah upaya STKIP PGRI Bangkalan dalam mendukung jalur resmi penerimaan mahasiswa dari Kemendikbudristek yang diperuntukkan bagi masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

“Program ini sebagai upaya STKIP PGRI Bangkalan untuk mendukung penerapan Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 tentang penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi,” terang Ketua STKIP PGRI Bangkalan, Fajar Hidayatullah, Sabtu (30/03/2024).

Fajar menjalaskan, mahasiswa yang mendaftar melalui jalur ini bisa saja hanya mengikuti perkuliahan selama satu tahu atau dua semester saja, dengan syarat memiliki pengalaman kerja.

Pengalaman kerja tersebut nantinya dapat dikonversikan dalam perolehan SKS mata kuliah sehingga mahasiswa baru yang telah memiliki pengalaman kerja tidak perlu mengikuti mata kuliah dari awal semester namun mereka dapat mendemonstrasikan kompetensinya sesuai mata kuliah yang akan dikonversi dalam perolehan SKS. Jika pengalaman kerjanya banyak, dan memenuhi 100 SKS misalnya, maka mahasiswa ini hanya tinggal mengikuti perkuliahan sekitar 2 semester untuk memenuhi kebutuhan SKS penyelesaian Pendidikan S1,” jelasnya.

Fajar juga mengatakan, tahun ini sudah tahun kedua STKIP PGRI Bangkalan membuka penerimaan mahasiswa jalur RPL tersebut. Tahun lalu, sebanyak 15 mahasiswa yang mengikuti jalur tersebut dari berbagai latar belakang pekerjaan.

Untuk tahun ini, lanjut Fajar, pendaftaran gelombang pertama dibuka sejak tanggal 01 Maret hingga 31 Mei 2024. Sementara untuk gelombang kedua akan dibuka mulai tanggal 01 Juli sampai 31 Juli 2024 mendatang.

“Dengan program ini STKIP PGRI Bangkalan memberi peluang seluas-luasnyanya bagi masyarakat yang belum mampu menempuh pendidikan tinggi karena sedang bekerja dengan konversi pengalaman kerjanya serta perkuliahan yang dilalui nantinya memanfaatkan pembelajaran secara hibrid yang fleksibel,” ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, di STKIP PGRI Bangkalan terdapat 7 program strudi yang bisa diakses melalui jalur RPL. Tujuh Prodi tersebut antara lain, PPKN, Bahasa dan satra Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, PGSD dan Olahraga. (Moh Iksan/Hasin)

Leave a Comment