Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 2 Aug 2017 10:14 WIB ·

KKN Di Talango, Mahasiswa UTM Hasilkan Oleh-Oleh Khas


KKN Di Talango, Mahasiswa  UTM Hasilkan Oleh-Oleh Khas Perbesar

Mahasiswa KKN UTM Kelompok 86 Saat memberi Pelatihan Kepada Masyarakat Talango

SUMENEP, lingkarjatim.com- Desa Talango kecamatan Talango-Sumenep kini mempunyai produk oleh-oleh khas, produk tersebut berupa permen rumput laut, dodol rumput laut, kerupuk ikan dan kaos Talango. Keempat produk oleh-oleh tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara masyarakat Desa Talango dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang berlangsung 17 Juli 2017 hingga 11 Agustus 2017. Kerja sama ini bertujuan untuk mengolah sumber daya alam yang melimpah Talango.

Selain itu mahasiswa KKN UTM juga membranding desa talango sebagai destinasi wisata religi Asta Sayyid Yusuf. adanya program ini diharapakan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa Talango. Kordinator Desa KKN kelompok 86 Moh Zahir mengungkapkan “Kita ingin memanfaatkan secara optimal potensi desa disini, seperti rumput laut yang melimpah namun belum diolah secara baik oleh masyarakat begitu juga ikan  yang melimpah kami proses menjadi kerupuk ikan dengan varian rasa. tidak hanya sampai dipengolahan kami juga melakukan kreasi dengan menciptakan packaging khusus untuk kerupuk ikan dan dodol rumput laut serta permen rumput laut,” Jelasnya saat diwawancara lingkarjatim.com (2/8).

Hasil Kreasi Mahasiswa KKN Bersama Masyarakat Talango

Lebih lanjut Zahir menjelaskan awal kerja sama tersebut berupa sosialisasi dan pelatihan pembuatan oleh-oleh kepada masyarakat desa Talango yang telah dilakukan pada Sabtu(22/07/17) dan Minggu (23/07/17) lalu “Kita telah melaksanakan pelatihan pada hari sabtu (22/07/17) di dusun Pasar daya dan Minggu (23/07/17) di dusun Baru yang mayoritas masyarakatnya merupakan petani rumput laut, ” Lanjutnya.

Masih menurut Zahir produk dari hasil masyarakat berupa permen rumput laut, dodol rumput laut, kerupuk ikan dan kaos khas talango mendapat apresiasi dari pemerintah desa melalui BUMDes desa Talango “Kami sudah menyerahkan produk itu ke BUMDes, sehingga hasil dari pelatihan kemarin langsung dipasarkan oleh mereka,” Pungkasnya. Diakhir wawancaranya kordinator desa talango juga berharap hasil produksi mahasiswa UTM ini diharapkan terus dilakukan oleh masyrakat sehingga msyrakat benar-bear mendapatkan manfaat dari kuliah kerja nyata tematik  UTM 2017. (Red)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA