Khofifah: Kondisi Jalan Provinsi 89,61 Persen Siap Dilintasi Mudik Lebaran

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memastikan Pemprov Jatim melakukan upaya maksimal untuk mendukung kelancaran mudik lebaran tahun 2022. Salah satunya dengan memastikan kondisi jalan-jalan provinsi maupun jembatan dalam kondisi baik, dan siap dilintasi pemudik.

“Berdasarkan data yang ada, ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Jatim panjangnya mencapai 1.421 kilometer dan panjang jembatan 10.870 meter. Dari panjangnya jalan itu, kemantapan jalan provinsi mencapai 89,61 persen,” kata Khofifah, di Surabaya, Sabtu, 16 April 2022.

Untuk itu, pihaknya secara khusus memerintahkan Dinas PU Bina Marga Jatim, melakukan persiapan yang matang. Seperti memastikan jalan milik provinsi dalam kondisi baik untuk dilewati pemudik, serta melakukan antisipasi daerah rawan bencana dan kesiapan personil dan alat berat.

Dengan rincian 57,74 persen dalam kondisi baik, 31,84 persen kondisi sedang, 7,13 persen kondisi rusak ringan dan 3,26 persen rusak berat. “Dengan ini, maka insya Allah jalan provinsi maupun jembatan yang ada di kewenangan kami, dalam kondisi yang siap menyambut dan mendukung kelancaran kegiatan mudik lebaran masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekolah Wajib Memenuhi Kriteria dan Syarat Gelar PTM Terbatas di Jatim

Sedangkan untuk lokasi rawan bencana, lanjut Khofifah, Dinas PU Bina Marga Jatim juga telah melakukan pemetaan. Ada beberapa daerah yang rawan terjadi banjir dan longsor yang harus diwaspadai oleh pemudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here