Khofifah Ingin Bangun RS Tipe A di Madura dan Pantura

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, (Foto:Istimewa)

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyebut wilayah Madura dan Pantai Utara (Pantura) butuh rumah sakit tipe A, seperti RSUD Dr Soetomo Surabaya. Khofifah mengaku sudah mengusulkan hal itu ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Saya sudah sampaikan ini ke Kementerian Kesehatan, bahkan sudah dua kali menteri. Karena kalau dari Sumenep-Pamekasan dirujuk ke Soetomo itu kan kejauhan. Jadi biar mudah dan cepat,” kata Khofifah, di Surabaya, Rabu, 23 November 2021.

Selain Madura, Khofifah mengaku juga sudah menyampaikan hal serupa ke Kemenkes, terkait kebutuhan rumah sakit tipe A untuk wilayah Pantura.

“Apakah itu di Bojonegoro, apakah di Lamongan. Kebutuhannya sama. Ya, setara dengan rumah sakit tipe A juga,” katanya.

Namun, kata Khofifah, tantangan pengadaan rumah sakit tipe A di dua wilayah itu tidak mudah. Selain infrastruktur, kelengkapan alat kesehatan juga sangat menentukan.

Baca Juga :  Banyak Pohon Mangrove Ditebang, Khofifah: Mari Jaga Alam dan Lingkungan

“Sebenarnya bukan hanya infrastruktur fisiknya. Tapi juga kelengkapan alkesnya, itu juga tidak sederhana. Alkes ini juga jadi bagian untuk meyakinkan pasien, di sini mereka bisa terlayani dengan baik, dan tidak murah,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here