Kerapan Sapi Warnai Rangkaian HUT Bangkalan Ke 487, Bupati Ra Latif: Kedepan Kami Akan Tingkatkan

Bupati Bangkalan saat memberikan sambutan.

BANGKALAN, Lingkarjatim.com– Kerapan sapi kualifikasi piala Presiden 2018 yang di gelar di stadion RP. Mohammad Noer, Jl. Pertahanan, Bangkalan, Minggu (7/10/2018) masuk rangkaian Hari Jadi Bangkalan ke-487.  Pasalnya, lomba kerapan sapi ini adalah simbol budaya daerah yang menarik. Sudah sepantasnya kerapan sapi masuk dalam rangkaian Hari Jadi Bangkalan.

“Kegiatannya dijadikan salah satu ikon kegiatan budaya pariwisata bagi pulau madura khususnya bagi Bangkalan,” kata Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron memberikan sambutannya.

Oleh karena itu, Bupati yang akrab disapa Ra Latif ini mengajak seluruh masyarakat dan pecinta kerapan sapi untuk melaksanakan lomba kerapan sapi ini dengan sebaik baiknya.

“Agar lomba kerapan sapi kali ini dapat menjadi tontonan yang menarik bagi para penonton yang berasal dari kabupaten di pulau madura maupun penonton dari masyarakat luar pulau madura,” ujarnya

Sebab, kata Ra Latif, lomba kerapan sapi ini mengandung berbagai nilai nilai. Pertama adalah nilai budaya, kedua mengandung nilai tontonan, ketiga mengandung nilai olahraga yang menjunjung tinggi sportifitas, keempat nilai kegiatan wisata dan kelima nilai kegiatan ekonomi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Dari nilai nilai tersebut, kedepan yang perlu kita tingkatkan adalah lomba kerapan sapi kembali menjadi objek kegiatan wisata bagi para turis domestik maupun mancanegara,” tandasnya.

Beberapa tahun terdahulu lanjut Ra Latif, lomba kerapan sapi ini, adalah lomba yang banyak dikunjungi oleh pengunjung dari wisatawan domestik maupun wisatawan asing, disamping memang digemari oleh penonton masyarakat lokal madura.

“Rasanya tidak berlebihan jika kita canangkan kembali agar lomba kerapan sapi ini bisa menjadi agenda rutin dan menjadi kegiatan paket wisata bagi Kabupaten Bangkalan, agar kerapan sapi ini dapat menjadi tontonan kembali bagi para wisatawan domestik dan para wisatawan asing seperti yang pernah terlaksana pada tahun tahun terdahulu,” paparnya.

Pihaknya mengaku akan segera menyusun konsep-konsep sektor wisata Bangkalan dan kerapan sapi akan ditingkatkan kembali menjadi kegiatan lomba paket wisata kabupaten Bangkalan.

“Saya berharap kepada para pemilik sapi kerapan serta para tokoh agar mengadakan komunikasi dengan pemerintah Bangkalan untuk bersama-sama menyusun dan meningkatkan hal-hal yang berkaitan dengan perlombaan kerapan sapi, sehingga menjadi nilai-nilai tontonan wisata yang menarik bagi para wisatawan.

“Para hadirin yang berbahagia, dengan semangat memperingati HUT kota Bangkalan yang ke 847,  lomba kerapan sapi ini kami nyatakan dibuka dan dimulai. Kami ucapkan selamat berlomba. Junjung nilai sportifitas, junjung nilai kerukunan, junjung nilai persatuan, junjung nilai nilai keamanan dan junjung nilai nilai budaya,” cetusnya mengakhiri sambutannya. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here