Kenalkan Sejak Dini, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Mewarnai Batik

Puluhan siswa Sekokah Dasar Islam (SDI) Aulia, Prambon Sidoarjo saat mengikuti lomba mewarnai batik

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Untuk melestarikan produk asli Indonesia dan memperkenalkan batik sejak dini, puluhan siswa Sekokah Dasar Islam (SDI) Aulia, Prambon Sidoarjo mengikuti lomba mewarnai batik, Rabu (3/10/2018).

Kepala SDI Aulia Prambon, Ali Murtadho mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar para siswa bisa mengenal budaya bangsa Indonesia, salah satunya batik. Sehingga muncul rasa cinta dan bangga terhadap budaya sendiri.

“Dari situ diharapkan anak-anak punya semangat untuk mempertahankan dan melestarikannya,” kata Ali Murtadho.

Sementara itu, Guru SDI Aulia, Atik Nurifatul Ula menyatakan, meski masih dalam masa penilaian tengah semester, tidak menyurutkan niat SDI Aulia, untuk memperingati Hari Batik. Semua pihak sekolah termasuk guru dan peserta didik memakai baju batik.

“Mereka terlihat beda, sekaligus untuk menambah semaraknya peringatan hari Batik, di depan kelas terhampar batik dengan motif yang berbeda. Peringatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik sejak dini kepada anak-anak,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan tentang sejarah batik, dan juga kedudukan batik saat ini. Menurutnya, batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Batik sudah diakui internasional.

“Maka sebagai bangsa Indonesia kita wajib bangga,” ucapnya.

“Selain dikenalkan sejarah batik, anak-anak juga diperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat batik, seperti canting. Anak-anak mengikuti dengan sangat antusias, karena itu hal yang baru bagi mereka,” tukasnya. (Mam/Atep/Lim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here