Kenakan Baju Adat, Upacara Detik-Detik Proklamasi di Sampang Berjalan Khidmat

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Pada momentum perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Jawa Timur menggelar upacara detik-detik proklamasi. Kegiatan tersebut bertempat di halaman Pendopo Trunojoyo Sampang, Kamis (17/8/2023).

Dalam pelaksanaan, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bertindak sebagai Inspektur Upacara Kemerdekaan RI. Pada mumen itu tanpak ada hal yang menarik, yakni Bupati dan Wakilnya, DPRD, Forkopimda, Kepala OPD dan sebagian pegawai lainnya mengenakan baju adat khas Sampang.

Adapun baju adat yang dipakai itu berjenis Rashogan Cakranengrat, baju tersebut adalah Busana Beskap berbahan bludru hitam pekat dengan sulaman emas dipadukan dengan bawahan batik motif seser, menggunakan pin cakranengrat dan penutup kepala odheng model Tongkosan serta slop bludru hitam sebagai alas kaki dikenakan oleh Bupati dan Wakil Bupati.

Peserta dalam upacara tersebut diantaranya Dandim 0828/Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, S.I.K, Kajari Sampang Budi Hartono, S.H, Ketua Pengadilan Sampang, Ketua Pengadilan Agama Sampang,Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiyawan, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Ketua Organisasi Kepemudaan serta Tokoh Agama dan Masyarakat.

Kemudian diikuti pasukan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, ASN, Pramuka, Pelajar SMA dan SMP diiringi Marching Band Gita Bahari Kabupaten Sampang. Upacara dimulai pukul 10.00 WIB, diawali dengan pembacaan naskah Proklamasi dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa.

Dan dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih Kabupaten Sampang yang terdiri dari 28 pelajar dan pasukan TNI Polri.

Bertugas sebagai Pembawa Baki Bendera Merah Putih yaitu Robiatul Adawiyah dari SMKN 1 Sampang kemudian Pengibar Bendera Merah Putih yakni Andika Ferdiansyah dari SMAN 1 Sampang, Ach. Shofil M dari SMAN 1 Torjun dan Moh Al Buchori Muslim dari SMAN 1 Ketapang.

Setelah upacara selesai, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi kemudian menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada PNS terpilih di lingkungan Pemkab Sampang dan kemudian dilanjutkan penyerahan remisi kepada narapidana Rutan Kelas II B Sampang. (Jamaluddin/)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here