Kapolres Situbondo : Jika Ada Aksi Teror Langsung Tembak Ditempat

Foto : Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dani Setiono (foto diambil dari RRI news online)

SITUBONDO, Lingkarjatim.com – Maraknya aksi teror terhadap waga sipil dan para anggota keamanaan akhir-akhirnya ini membuat warga ketakutan. Tak pelak, keamanananpun ditingkat baik oleh pihak kepolisian maupun dari p[ihak tentara. Bahkan, Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dani Setiono menginstruksikan kepada seluruh angotanya untuk tembak ditempat bagi siapa saja yang melakukan aksi teror. Hal ini dilakukan, menyikapi aksi teror yang marak dilakukan oleh oknum terduga teroris di beberapa daerah.

“SOP-nya sudah jelas, jika ada potensi kerawanan yang mengancam keselamatan masyarakat atau petugas kepolisian, kewenangan tembak di tempat melekat terhadap setiap anggota polri,” ungkapnya.

Kapolres mengaku, upaya antisipasi terhadap aksi terorisme jauh-jauh hari sudah dilakukan. Semua anggota diperintahkan untuk meningkatkan kewaspadaan baik untuk pengamanan secara personil, juga pengamanan markas komando kepolisian. “Personil harus tetap pada kewaspadaan yang penuh,” ujarnya.

Sementara saat dikonfirmasi terkait sweeping untuk memastikan Situbondo steril dari aksi teror, Kapolres mengatakan, sepanjang tidak ada daftar pencarian orang yang diperintahkan untuk dilakukan sweeping, maka polisi tidak akan melakukan tindakan tersebut.

“Sepanjang tidak ada perintah sweeping, kita tidak akan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kecemasan kepada masyarakat,” katanya.

Kapolres memastikan, selama ini wilayah hukum polres Situbondo aman dari aksi teror, kondisi ini akan terus dipertahankan dengan tetap melakukan pengawasan secara ketat pada titik-titik kerawanan, diantaranya di pusat keramaian dan tempat ibadah. “Petugas akan siaga terus menerus,  termasuk saling mengawasi antara satu dengan yang lainnya,” pungkasnya. (nir)

 

Leave a Comment