Kado Lebaran Untuk Yatim, dari UPZ Universitas Trunojoyo Madura

UPZ Universitas Trunojoyo Madura saat membagikan kado lebaran

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Pada Ramadhan 1443 H/ 2022 M, hasil infaq yang telah dikumpulkan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Trunojoyo Madura, dari para donatur didistribusikan untuk anak-anak yatim di sekitar kampus, kegiatan yang dikemas dalam bentuk “kado lebaran untuk yatim” ini diberikan dalam bentuk uang tunai dan bingkisan lebaran, bersamaan dengan peringatan “Nuzulul Qur’an” yang diselenggarakan oleh Fakultas Keislaman, Rabu (20/04/22).

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Trunojoyo Madura, merupakan ‘amil pengumpul zakat yang dibentuk dan telah mendapatkan pengesahan dari Badan Amil Zakat (BAZNAS) Propinsi Jawa Timur, bertugas melakukan pengumpulan zakat, infaq, dan shodaqoh pada Universitas Trunojoyo Madura.

Akhmad Makhtum, Ketua Pelaksana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Trunojoyo Madura menuturkan, “Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kepedulian civitas akademika UTM, pada masyarakat sekitar terutama anak-anak yatim sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah dan tidak menyiakan-nyiakan mereka,” Ucapnya kepada Lingkarjatim.

Selain itu Makhtum juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan UPZ sebagai ‘amil resmi yang diakui negara, dengan hadirnya UPZ ini harapannya bisa digunakan sebagai pilihan organisasi pengumpul zakat oleh civitas akademika UTM.

Shofiyun Nahidloh, M.HI, Sebagai Penanggungjawab UPZ Universitas Trunojoyo Madura, berharap agar ke depan UPZ dapat dipercaya sebagai organisasi pengumpul zakat profesi dari karyawan di lingkungan UTM, dan mendistribusikannya scara lebih produktif lagi.

“Semoga kedepan kebermanfaatan UPZ dapat dirasakan oleh lebih banyak lagi masyarkat, dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa dalam pengelolaan manajemen lembaga zakat,” harapnya.

Saat ini, UPZ Universitas Trunojoyo Madura telah siap menerima, mengumpulkan dana zakat, infaq, shodaqoh yang dapat dikumpulkan melalui Ibu Cp. Luluk Hanifah, M.Akun, di Fakultas Keislaman. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here