Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 12 Oct 2017 12:01 WIB ·

Jelang Pilkada, KPUD dan Panwaslu Kabupaten Harus Saling Kerjasama


Jelang Pilkada, KPUD dan Panwaslu Kabupaten Harus Saling Kerjasama Perbesar

Acara Sosialisasi UU No: 10 tahun 2016

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Seiring diberlakukannya undang – undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, KPUD dan Panwaslu Kabupaten harus saling bekerjasama dalam menjalankan tugas kewajiban sebagai penyelangara dan pengawas tingkat kabupaten dalam proses dan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Bupati dan Wabup Bangkalan 2018 nanti.

Seperti yang dijelaskan oleh Zainuddin Amali Ketua Komisi II DPRR RI, untuk sementara ini Panwaskab sifatnya adalaha lembaga Adhoc. Artinya begitu selesai Pilkada, tugas Paswaskab selesai, Namun berbeda dengan terbitnya UU Nomor 10 Tahun 2016, pengganti Perppu Tahun 2014 dan Perppu tahun 2015.

“Nantinya masa tugas Panwaskab sama dengan KPUD yakni 5 tahun sekali, jadi kerjanya bisa lebih maksimal,” ujarnya saat acara sosialisasi UU No: 10 tahun 2016 di gedung PKPRI Bangkalan.

Sementara menurut Mochammad Afifuddin Divisi Pengawasan & Sosialisasi Bawaslu RI jika mengacu kepada pemilu-pemilu sebelumnya yang terjadi di Bangkalan Praktek-praktek yang terjadi pada Pilgub dan pilkada lalu menjadi catatan bagi Bawaslu, sebab banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

“Untuk bangkalan belum selesai kita mengambil datanya jadi sedang proses. Pengalaman sebelumnya indek ini kan memang mengatur atau melihat data yang lalu, agar data itu menjadi acuan untuk atensi bagi kita.’’ Tuturnya.

Menurutnya, saat ini Bawaslu sedang menghimpun data tentang indek kerawanan pemilu untuk beberapa daerah yang nanti dikategorikan sebagai daerah yang temasuk sangat rawan dan agak rawan dan yang sangat rawan.

“Kita akan lounching daerah yang rawan, agar nantinya bisa diawasi secara ketat biar tidak terjadi lagi,” ucap pria asal jawa timur itu.

Aank Kunaifi Anggota Bawaslu Jatim menghimbau pada semua pihak, khususnya di Kabupaten Bangkalan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan Pilkada Kab. Bangkalan di tahun 2018. “Semuanya harus berpartisipasi aktif untuk pilkada mendatang,” tuturnya. (Zan/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA