Jelang Panen Tembakau, Ketua P4TM Akan Perjuangkan Kepentingan Petani

Suasana Rapat Akhir Persiapan Deklarasi P4TM. (Foto: Supyanto Efendi)

PAMEKASAN, Lingkarjatim.com – Menjelang panen tembakau, paguyuban pelopor petani dan pedagang tembakau (P4TM) se-Madura akan menggelar deklarasi besok, Sabtu (6/8/2022).

Ketua P4TM, Khairul Umam atau yang akrab disapa Haji Her mengatakan, maksud dan tujuan akan di deklarasikannya organisasi tersebut mau memperjuangkan kepentingan petani tembakau di wilayah Madura.

“Jadi, sedikitpun kami tidak ada kepentingan lain seperti politik nasional, provinsi maupun kabupaten,” ucap haji Her, Jum’at (5/8/2022).

Pihaknya menjelaskan, bahwa rencana deklarasi P4TM yang akan deklarasi besok tidak ada konspirasi terselebung dan murni akan membela petani tembakau.

“Deklarasi besok ini merupakan salah satu sarana aspirasi para petani dan pedagang tembakau Madura. Dimana petani tembakau selama ini mengalami kerugian, karena harga yang murah sehingga menyebabkan petani tembakau merugi, artinya dari harga beli kepada petani tidak sepadan dengan biaya produksi yg dikeluarkan petani,” paparnya.

Baca Juga :  Maksimalkan Program WUB, Pemkab Pamekasan Jalin Kerjasama dengan Icon Plus

Dia menjelaskan, bahwa target aksi dari lahirnya P4TM berdasarkan kegelisahan para petani tembakau Madura selama ini, dimana banyak petani yang mengeluh terhadap ulama dan terhadap tokoh masyarakat lainnya bahwa petani tembakau selalu merugi sehingga datang kepada para ulama meminta untuk diperjuangkan hak-haknya.

“Ya, sekalipun merugi para petani tembakau dalam bercocok tanam, ibaratkan sudah menjadi suatu tradisi. Dimana jika tidak menanam Tembakau seakan-akan tidak enak terhadap tetangga” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here