Jelang Belajar Tatap Muka Awal 2021, Ribuan Pelajar SMP se- Surabaya Tes Swab Massal

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan tes swab massal terhadap ribuan pelajar SMP negeri dan swasta se- Surabaya. Ini dilakukan sebagai antisipasi mencegah penularan covid-19, jelang dimulai pembelajarn tatap muka sekolah (PTMS) pada awal tahun 2021.

“Iya benar, ada kegiatan tes swab bagi ribuan siswa-siswi SMP negeri maupun swasta, dan akan digelar selama dua hari, mulai hari ini hingga besok, Kamis 26 November,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Surabaya, Febriaditya Prajatara, dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Berdasarkan data yang ada, ada 5.038 pelajar dari 18 sekolah SMP negeri maupun swasta yang melakukan tes swab. Rinciannya, 4.257 pelajar dari 11 SMP Negeri, dan 781 pelajar sisanya berasal dari tujuh SMP swasta. “Tapi ada satu sekolah yang tidak ikut tes swab, yakni SMP Kristen Petra 1 dengan 278 siswa,” kata Febri.

Namun Febri tidak menjelaskan alasan kenapa satu sekolah tersebut absen tes swab masal. Dia hanya mengatakan kegiatan tes swab ini dilakukan secara serentak di sekolah masing-masing. Sementara tenaga kesehatan berasal dari petugas Puskesmas yang berada di masing-masing kecamatan tersebut.

“Swab dilaksanakan bergantian agar tidak terjadi kerumunan di sekolah, baik sebelum maupun sesudah swab,” ujarnya.

Kata Febri, siswa yang mengikuti tes swab hanya mereka yang duduk di bangku kelas IX SMP. Mereka dianggap sudah cukup mengerti untuk mematuhi protokol kesehatan. Sementara siswa kelas lainnya masih akan dipertimbangkan, jika nantinya siswa kelas IX sudah menjalankan pembelajaran tatap muka dengan baik.

“Jika lnanti hasil swabnya bagus dan kasus covid-19 di Surabaya landai, pembelajaran tatap muka bisa diselenggarakan. Kapan diselenggarakan, kami belum tahu,” katanya. (Amal Insani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here