Jatim Terpilih Sebagai Pemasok Bahan Bangunan Untuk Rehabilitasi Lombok

Gubernur Jatim Soekarwo

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memilih Provinsi Jawa Timur sebagai pemasok material dan bahan bangunan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahan bangunan itu nantinya akan digunakan untuk merehabilitasi infrastruktur, fasilitas umum, dan rumah warga pasca diterpa gempa beberapa waktu lalu.

“Berdasarkan hasil rapat bersama Pak Jusuf Kalla beberapa waktu lalu, Jatim dipilih untuk membantu mengirimkan material yang dibutuhkan di Lombok,” kata Gubernur Jatim, Soekarwo, di Surabaya, Kamis (23/8).

Menurut Pakde Karwo, sapaan akrabnya, Jatim dipilih karena menjadi wilayah paling dekat dengan Lombok. Sehingga dapat mengurangi ongkos pengiriman jika wilayah pengirim jauh dari Lombok.

“Provinsi Bali juga dekat, tapi ternyata material yang dibutuhkan tidak tersedia. Karena itu Jatim dipilih, dan pertimbangan lainnya karena harga material di Jatim grosir langsung dari pabriknya. Selain itu ongkos angkutnya juga murah dan dekat,” ujarnya.

Ada beberapa bahan bangunan dan material yang akan dikirim dari Jatim ke Lombok. Di antaranya batu bata, pasir, semen, baja, besi, partisi, dan lainnya. “Selain mengirimkan material, Pemprov Jatim nantinya juga akan mengerahkan tenaga konstruksi dan tukang jika diperlukan,” katanya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu, mengatakan bahwa seluruh biaya pembelian material dan bahan bangunan untuk lombok langsung dari APBN. Pemprov Jatim hanya sebagai wilayah pemasok semua material, mengingat provinsi terdekat dengan Lombok.

“Pemerintah Pusat menyiapkan anggarannya sekitar Rp2 triliun. Jadi bukan dengan APBD, melainkan biayanya menggunakan dana APBN,” kata birokrat yang juga politisi itu. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here