Jatim Kembali Berjaya, 6 Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Diborong

Soekarwo memberi sambutan di acara Pameran Pelayan Publik Di Jawa Timur

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Jawa Timur kembali berjaya dalam memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat. Terbukti, Pemprov Jatim yang dinakhodai Soekarwo memborong 6 penghargaan dalam penganugrahan Top 99 Inovasi Pelayan Publik. Sebelumnya, Jatim meraih Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi Publik Kategori Pemerintah Provinsi Tahun 2016.

Dari 6 penghargaan tersebut, langsung diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Dr. Asman Abnur SE MSi kepada Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Gelora Joko Samudro Gresik, Sabtu (20/5/2017) malam.

Diraihnya beberapa penghargaan itu langsung disambut bahagia dan penuh syukur oleh dia. Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim ini mengatakan, penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras Pemprov Jatim yang terus melakukan inovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik yang berkualitas.

“Penghargaan ini menambah kepercayaan dan motivasi kami untuk semakin memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat” katanya

Keenam penghargaan yang diraiah ialah inovasi “HP Solusi Anak Berkebutuhan Khusus” – RSJ Menur, ”Layanan Jujug Desa yang Ramah (Judes)” UPT Badan Pendapatan Daerah – Jombang, Layanan “Wisata Arsip untuk Anak Sekolah (WARAS)” – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, “Mencegah Perdarahan Tali Pusat Dengan Kalisat (Karet Tali Pusat)” – RSUD dr. Saiful Anwar, Malang, “Manajemen Risiko Sanggahan dan Pengaduan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Sekretaris Daerah (MR SAHDU)” – UPT Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan inovasi “PLANET KAKAO: Pengelolaan dan Edukasi Terpadu Kakao Melalui Kebun Rakyat Demi Indonesia Daulat Coklat” – Dinas Perkebunan Jatim.

Dalam TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun ini, Pemprov Jatim berhasil menjadi yang terbaik dari 3.054 inovasi-inovasi yang masuk menjadi peserta kompetisi, baik dari kementerian, lembaga, provinsi, BUMN/BUMD lainnya. Keberhasilan Pemprov Jatim juga diikuti sembilan inovasi dari pemerintah kabupaten/kota di Jatim yang juga mendapat penghargaan, yakni Kab. Banyuwangi, Probolinggo, Bojonegoro, Pasuruan, Sampang, Pamekasan, Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kota Malang. (sul/nir)

Leave a Comment