Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 31 May 2022 15:09 WIB ·

Insect Hotel : Rumah Bagi Serangga Bermanfaat


Insect Hotel : Rumah Bagi Serangga Bermanfaat Perbesar

Pemasangan insect hotel oleh Ketua Tim Pengabdian Masyarakat di Desa Patempuran

JEMBER, Lingkarjatim.com – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengangkat tentang pemanfaatan insect hotel yang dilaksanakan di Desa Patempuran, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Tim pengabdian kepada masyarakat beranggotakan Bapak Sigit Prastowo, Bapak Ali Wafa, dan Prof. Soeharto dari Universitas Jember serta Ibu Dita Megasari dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya serta mahasiswa Program Studi Proteksi Tanaman dari Universitas Jember.

Insect hotel, juga dikenal sebagai hotel serangga atau rumah serangga adalah bangunan buatan yang dibuat untuk menyediakan perlindungan bagi serangga. Sebagian besar bentuk insect hotel terdiri dari beberapa bagian berbeda yang menyediakan fasilitas bersarang dan sebagai tempat perlindungan bagi banyak jenis serangga. Di Indonesia, insect hotel merupakan hal baru dan belum pernah diterapkan. Manfaat utama hotel serangga adalah untuk memunculkan sebuah komunitas mikro yang dapat memberikan efek positif pada lingkungan sekitarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengenalkan bentuk dan fungsi insect hotel bagi pertanian pada petani serta mensosialisasikan penerapan hotel serangga di lahan pertanian. Petani setempat juga sangat berantusias dalam kegiatan ini karena selama ini belum pernah melihat secara langsung bentuk insect hotel. Petani juga akhirnya mengetahui bahwa tidak semua serangga bersifat merugikan bagi pertanaman.

Bapak Ahmad Wafa selaku Sekretaris Desa Patempuran mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian kepada masyarakat yang telah memperkenalkan teknologi insect hotel bagi petani di desa tempuran dan memberikan sosialisasi pertanian tentang manfaat dan kegunaan serangga khususnya dalam bidang. Beliau berharap hal ini dapat menambah pengetahuan masyarakat desa lebih maju khususnya bidang pertanian.

“Terimakasih, kami bersyukur ada yang mau berbagi ilmu kepada kami yang dapat menambah pengetahuan kami” ujarnya. (*)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA