Ingat! Jemaah Haji Jatim Jaga Nama Baik Indonesia Di Arab Saudi

 

Gubernur Jatim, Soekarwo Mengecek kesiapan pembarangkatan Jemaah Haji Kloter satu di dalam Bus Rombongan

SURABAYA, Lingkarjatim.com-Saat melepas 445 jamaah calon haji asal Kabupaten Kediri kelompok terbang (Kloter) satu Embarkasi Surabaya, Soekarwo meminta kepada para jamaah agar menjaga nama baik Indonesia di Arab Saudi. Serta tetap menjaga kesantunan dan kebersamaan selama menjalankan ibadah disana.

“Kami titip nama Indonesia yang sudah baik di Arab Saudi untuk dipertahankan. Tidak ada lagi yang mengganggu kalau kita bersama-sama dan menjaga kesantunan dan kebersamaan, ini ciri khas bangsa kita,” Ungkap Gubernur Jatim itu di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jumat (28/7/2017).

Tak lupa, Pria yang sering disapa Pak De ini, menitipkan doa untuk Indonesia agar negara ini jadi Baldatun Thayyibatun wa rabbun Ghafur, yakni negara yang subur, makmur, aman dan nyaman.

Kepada para jemaah dia mengingatkan agar meluruskan niat semata-mata untuk ibadah. Ia berpesan kepada para jamaah untuk mengatur energi dan kesehataannya dengan baik agar bisa beribadah dengan lancar. Terlebih saat ini cuaca di Arab Saudi mencapai 43 derajat celcius.

“Suhu disana lebih panas dari rata-rata di Indonesia, semoga bisa segera menyesuaikan,” terangnya.

Ia berharap kepada petugas kesehatan agar lebih sering mengecek dan mendatangi jamaah untuk memberikan fasilitas kesehatan. Hal ini penting dilakukan agar resiko jamaah sakit dan meninggal bisa berkurang. Tahun ini, lanjutnya, resiko tinggi kesehatan berkurang menjadi 40 persen, dibanding tahun lalu sebesar 60 persen.

“Kami berharap ke depan resiko tinggi bisa terus berkurang” harapnya. (Sul/Red)

Leave a Comment