Hibur Pemudik, Pemuda Labang Gelar Festival Toron Tor Ongge

Ahmad Zaini Ketua Ikadin Jawa Timur saat memberikan sambutan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Menjelang pelaksaan hari raya Idul Fitri 1438 H sejumlah Pemuda Garuda Emas Kecamatan Labang, Bangkalan menggelar kegiatan Festival “Toron tor Ongghe”, Senin (19/6/2017).

Acara yang digelar bersebelahan dengan Rest Area Pos Informasi Mudik itu, diharapkan memberikan pemahaman secara filosofis kepada warga Madura secara khusus yang ada di perantauan, untuk tidak lupa dengan kampung halaman setelah banyak meraih kesuksesan di tanah rantau.

“Istilah toron di artikan sebagai pulang ke kampung halamannya dan ongghe berarti kemabli ke tanah perantauan. Makanya, bagi masyarakat yang mudik, bisa mampir di rest area sambil nonton festival tersebut, “kata Ketua Pelaksana, Abdul Halim dalam sambutannya.

Acara yang akan dikemas dengan berbagai lomba itu berlangsung hingga H+7 dan akan ditutup dengan pembagian juara, dan tasyakuran dengan closing ceremoni pesta kembang api.

“Selama acara ini digelar, akan diisi dengan lomba lomba, seperti lomba dai, hadrah dan bagi bagi takjil juga,” imbuhnya.

Acara tersebut juga bekerja sama dengan Ikatan Advokad Indonesia (IKADIN) Jawa Timur. Meski baru pertama kali di selenggarakan, IKADIN Sebagai Pelopor Utama dari acara itu, berharap acara tersebut membawa dampak positif dan menghibur bagi warga Madura yang mudik melintasi area Suramadu.

“Saya menginginkan acara ini berkelanjutan setiap tahun untuk menyambut pemudik. Ini merupakan inisiatif luar biasa untuk menghormati masyarakat yang datang dari tanah rantau,”ungkap Ahmad Zaini Ketua Ikadin Jawa Timur. (lim)

Leave a Comment