Hati-hati, Ternyata 5 Perilaku ini Dapat Menyebabkan Mata Minus Bertambah

Istimewa

BANGKALAN, Lingkarjatim.com Miopi atau rabun jauh atau merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu, karena mata kita berkurang kemampuannya untuk melihat ke jarak yang lebih jauh.

Kenapa demikian? Karena lensa mata dan kornea tidak mampu memfokuskan biasan cahaya untuk jatuh tepat di retina, melainkan di depannya.

Tidak sedikit orang yang memiliki keluhan penyakit yang populer disebut mata minus ini. Jika anda termasuk orang yang memiliki penyakit mata minus, sebaiknya lebih berhati-hati dalam bertindak.

Sebab, ada beberapa kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari ternyata dapat membuat kondisi minus pada mata semakin bertambah.

Akan tetapi, hingga saat ini penyebab mata minus masih belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, dokter Dyah Novita Anggraini dalam artikelnya yang ditulis di dokterklik menyebutkan beberapa kebiasaan yang mengharuskan anda untuk berhati-hati.

Karena kebiasaan tersebut berperan dalam meningkatkan risiko mata minus atau pertambahan minus yang sudah terjadi, diantaranya:

1. Membaca di cahaya redup

Jika selama ini anda sering membaca di  cahaya redup, maka anda harus berpikir ulang dengan kebiasaan tersebut. Kenapa? Kaeran membaca dengan cahaya redup membuat otot-otot mata bekerja keras untuk menangkap objek. Jika hal itu terjadi secara terus-menerus, mata minus atau pertambahan minus tak bisa lagi dihindari.

2. Membaca terlalu dekat

Sering kali kita membaca dengan  jarak yang sangat dekat. Anda harus tau, membaca dekat membuat otot-otot kecil di mata bekerja keras untuk mendapatkan fokus.

Jika kondisi tersebut terjadi secara berulang dan berkelanjutan, lama-kelamaan otot mata akan kelelahan hingga mengalami kerusakan. Akibatnya apalagi kalau bukan minus yang bertambah.

3. Melihat layar monitor terlalu dekat atau lama

Bagi anda yang bekerja di kantoran pasti selalu berhadapan dengan layar monitor. Menatap layar monitor terlalu dekat atau dalam waktu lama membuat mata bekerja lebih keras.

Pada akhirnya, mata akan kelelahan dan fungsinya melemah. Lama-kelamaan, mata minus akan semakin bertambah parah.

4. Tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus

Penderita mata minus yang tidak rutin memakai kacamata atau lensa minus dapat membuat mata semakin berakomodasi untuk menyesuaikan penglihatan. Semakin sering dilakukan, semakin cepat pula pertambahan minus mata yang Anda rasakan.

5. Sering terpapar sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet pada mata dapat menyebabkan kerusakan otot-otot yang menunjang penglihatan. Ini artinya, jika mata sering terpapar sinar ultraviolet, Anda akan mengalami perburukan kondisi mata minus.

* Lalu bagaimana mencegah mata minus bertambah parah?

Mata minus memang tidak dapat dicegah, namun perkembangannya dapat diperlambat dengan menjaga kesehatan mata.

Ini adalah beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan, di antaranya:

– Rutin mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A.

– Selalu berusaha untuk mengistirahatkan mata setelah membaca, dengan melihat ke kejauhan selama 20 detik.

– Atur jarak baca menjadi 40–45 cm.

– Hindari membaca sambil tiduran atau di ruangan dengan cahaya yang kurang.

– Gunakan kacamata hitam saat bepergian di siang hari, untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet secara langsung.

– Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter mata untuk mengetahui kondisi mata Anda saat ini, sehingga jika ada ganguan dapat segera ditangani segera.

Perlu anda ketahui, mata minus memang bukan suatu kondisi berbahaya. Namun, keadaan tersebut bisa menganggu aktivitas atau bahkan menurunkan kualitas hidup Anda.

Maka dari itu, hindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat mata minus bertambah parah, dan lakukan anjuran-anjuran yang sudah disebutkan di atas.

Dengan begitu, kesehatan mata Anda akan terus terjaga dengan baik. Ingat, mata adalah jendela dunia. (Redaksi)

Sumber: dokterklik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here