Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 19 Apr 2024 13:03 WIB ·

Harmoni Dalam Budaya, Pemkab Sampang Gelar Parade Daol Combodug


Harmoni Dalam Budaya, Pemkab Sampang Gelar Parade Daol Combodug Perbesar

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Madura, Provinsi Jawa Timur menggelar parade Daol Combo dan Daol Dug-Dug. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, yakni dari tanggal 17-18 April 2024.

Parade Daol Sampang 2024 mengusung tema Harmoni Dalam Budaya. Jumlah peserta dalam merayakan festival tahunan pasca Hari Raya Idul Fitri itu tercatat ada 45, terdiri dari 23 Daol Dug-Dug dan 22 Daol Combo.

Pantauan media ini, antusias masyarakat mulai hari pertama hingga ke dua dalam menyaksikan parade daol itu sangat tinggi. Disepanjang jalan perkotaan yakni dari area start di Alun-Alun Trunojoyo hingga ke finish di Monumen Sampang dipenuhi penonton, baik kalangan orang tua, anak-anak dan pemuda-pemudi.

Pj Bupati Sampang, Rudi Arifiyanto mengatakan, penggelaran Parade Daol ini bertujuan untuk memeriahkan momen Hari Raya Ketupat dan sebagai upaya melestarikan kebudayaan khas Kabupaten Sampang.

“Festival ini adalah wujud syukur masyarakat Sampang dan menjadi tradisi budaya yang selama ini terus dijaga dan dilestarikan,” katanya saat membuka Parade Daul Combo pada (17/4/2024) kemarin.

Menurutnya, selain melestarikan kebudayaan khas Sampang, Festival Parade Daul Combo ini juga untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Sampang. Banyak pedagang dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ikut menikmati keuntungan. Dagangan mereka bisa laris dan ekonomi jadi berputar. Ini merupakan komitmen yang terus dilakukan oleh Pemkab Sampang.

“Semangat kebangkitan ekonomi adalah upaya yang selalu diselipkan di berbagai event seni budaya, sehingga maknanya tersampaikan dan ekonomi juga bisa bangkit,” tambahnya.

Sementara Ketua Daol Lancenk Dju’lanteng Sampang H. Syamsul Arifin mengatakan terimakasih karena parade daol di Sampang tetap dilestarikan. Semoga kian tahun ke tahun kegiatan semacam ini semakin meriah. Apalagi hal ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Kota Bahari.

“Daol Lancenk Dju’lanteng sudah lama vakum, tapi di moment parade daol 2024 ini kami kembali ikut serta. Semoga Daol Lancenk Dju’lanteng kembali aktiv hingga seterusnya,” singkatnya. (Jamaluddin/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Kunjung Ada Kejelasan dari Pemerintah, Pria Ini Perbaiki Jalan Rusak Pakai Uang Pribadi

24 May 2024 - 22:04 WIB

Kukuhkan Paguyuban BPD, Ini Harapan Plt Bupati Sidoarjo

23 May 2024 - 18:30 WIB

KONI Sampang Target Masuk 10 Besar di Porprov 2025

21 May 2024 - 16:22 WIB

Puluhan Wajib Pajak Air Tanah di Sampang Belum Lakukan Pembayaran

21 May 2024 - 14:25 WIB

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL