Hadiri PKD Ansor Kamal, Ra Latif Bikin Suasana Cair dan Santai

Ra Latif (Bupati Bangkalan) memberikan sambutan di PkD Ansor Kamal.

BANGKALAN, Lingkarjatim.com– PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, gelar PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar). Ia syarat wajib untuk jadi pengurus atau anggota GP Ansor. Pesertanya 50 orang, dari 10 Desa di Kamal.

PKD Kamal digelar di aula PT Bikru Zamzam Travel, satu perusahaan haji dan umroh di Bangkalan, milik Haji Ali Muqoddas. PT Bikru juga sediakan kamar untuk tempat menginap para peserta.

Bila PKD umumnya tiga hari tiga malam. PKD kali ini dipersingkat jadi satu hari dua malam. Agar tidak mengganggu pekerjaan para peserta. Semua peserta wajib mengikuti lima sesi materi. Tidak boleh bolong.

Pertama tentang keansoran, kedua tentang keNUan, ketiga tentang kepemudaan, keempat tentang ajaran ahlussunah wal jamaah.

PKD PAC GP Ansor Kamal, dibuka pada Sabtu malam, 6 Oktober 2018 oleh Ketua PC KH Hasani Zubair.

“Ansor ini rumah kita, tempat kita menempatkan diri menjadi manusia yang lebih baik. Mari kita rawat Ansor, seperti merawat NKRI dari rongrongan mereka yang mau merusak tatanan negara,” kata dia.

Adapun Ketua PAC GP Ansor Kamal, Arifin mengingatkan bahwa menjadi pengurus Ansor sesuatu yang berat. Terlebih pada situasi sekarang ini bertepatan dengan tahun politik. Dimana Ansor kerap dibully dan difitnah.

“Ansor harus menjadi organisasi yg mendiri, kuat dan tetap membangun sinergi dengan pemerintah untuk terus mendorong dan mengawal program pemerintah demi kemaslahatan umat & kesejahtraan masyarakat,” ucap dia.

Setelah pembukaan, dilanjutkan sesi pertama tentang keansoran yang diampu oleh Ketua Lakspedam PCNU Bangkalan Lora Musawwir yang juga pengurus di GP Ansor Jatim.

Sesi ini menarik, Ra Sawwir, begitu dia akrab disapa, banyak menerangkan bagaimana GP Ansor berdiri. Pada tahun 1924, KH Wahab Hasbullah mendirikan satu organisasi bernama Syubbanul Wathan. Inilah cikal bakal terbentuknya GP Ansor saat ini.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron juga tampak hadir. Juga sejumlah calon anggota legislatif, baik DPRD Kabupaten, DPR Provinsi, DPD dan DPRD RI. Banner ucapan selamat dari para caleg memenuhi pintu masuk aula PKD.

Bupati Bangkalan sangat humoris, dia banyak menyampaikan hal-hal jenaka dalam sambutannya, sehingga membuat suasana menjadi cair dan santai. Misalnya, Ra Latif menyindir para caleg yang datang ke masyarakat saat jelang pemilu. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here