Hadapi Ancaman Pandemi Baru, Siti Fadilah: Jaga Kampung Halaman Masing-Masing

JAKARTA, Lingkarjatim.com,- Peringatan WHO dan Bill Gates akan ada serangan wabah penyakit baru yang 10 kali lebih kuat dari Covid 19 perlu segera diantisipasi. Ditengah pandemi Covid 19 ini, masyarakat harus bersiap menghadapi berbagai kemungkinan. Hal ini disampaikan oleh mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari dalam Konferensi Nasional DKR (Dewan Kesehatan Rakyat) yang bertemakan “Pandemi dan Bioterorisme” lewat zoom meeting, Jumat (20/8).

Tugas DKR saat ini menurut Siti Fadilah adalah memastikan keselamatan diri setiap kader, keluarganya, tetangganya dan lingkungan sekitarnya, ditingkatan RT sampai Kelurahan/Desa.

“Ingat pesan Jenderal Sudirman, jaga kampung halaman kita masing-masing. Kita tidak pernah tahu kapan dan dimana outbreak (ledakan-red) serangan pandemi baru akan terjadi,” ujarnya.

Untuk itu Siti Fadilah menegaskan agar semua RT, Kelurahan dan Desa harus segera bersiaga menghadapi wabah yang masih berlangsung dan ancaman wabah yang akan datang. Setiap kader DKR perlu memastikan RT Siaga sampai Desa Siaga di tempat tinggalnya dan membangun koordinasi yang solid antar masyarakat dan pemerintah disetiap tingkatan.

“Pastikan stok obat dan vitamin serta bantuan lainnya dari pemerintah setempat. Jadikan RT Siaga dan Desa Siaga tempat tinggal kita sebagai model yang bisa diterapkan di desa-desa lain di kota dan kabupaten kita agar cepat meluas,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here