Gubernur Jatim ‘Ogah’ Gelar Nobar G30S/PKI di Jatim

Soekarwo Gubernur Jawa Timur

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan tidak akan menggelar nonton bareng (nobar) G30S/PKI. Sebab, Pemprov Jatim tidak menerima intruksi perintah/larangan nobar dari mendagri.

“Jadi terserah masyarakat, mau nonton atau tidak terserah. Yang jelas pemprov tidak akan menggelar nobar,” kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Surabaya, Sabtu (23/9/2017).

Karena itu, Pakde Karwo menghimbau kepada masyarakat agar tidak terjebak pada polemik nonton bareng film G30S/PKI. Sebagai kepala daerah, dirinya mengaku tidak memiliki kewenangan khusus apakah akan melarang maupun menganjurkan pemutaran film tersebut.

“Bagi TNI instruksinya jelas dari panglima, tapi Menteri Pertahanan kan berbeda. Kalau saya sebagai gubernur ya menunggu instruksi dari Menteri Dalam Negeri apakah harus nonton film atau tidak,” katanya.

Menurut dia, instruksi panglima TNI hanya berlaku bagi TNI sehingga pemerintah daerah tidak akan mengeluarkan instruksi khusus karena hingga saat ini tidak ada instruksi khusus dari menteri dalam negeri.

“Silakan nonton bareng ya, tapi saya tidak menginstruksikan apalagi melarang. Saya harus tegak lurus pada pemerintah,” kata dia.

Sekadar diketahui, sebelumnya panglima TNI menginstruksikan kepada seluruh prajurit untuk bisa nonton bareng film G30S/PKI. Dengan nonton film ini, prajurit diharapkan bisa mengetahui adanya sejarah kelam pemberontakan di negeri ini. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here