Gelorakan Cinta Tanah Air, Santri PP Banyuputih Kidul Lumajang Gelar Upacara Bendera

Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih, Kidul, Lumajang menggelar upacara HUT RI ke-72

LUMAJANG, Lingkarjatim.com – Kurang lebih 5.000 santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih, Kidul, Lumajang menggelar upacara HUT RI ke-72 di Halaman pondok yg beralamat di Jl. Raya Banyuputih Kidul Lumajang.

“Ini adalah puncak dari rangkaian peringatan HUT RI ke-72”, jelas Maksum, Ketua Yayasan Miftahul Ulum, Kamis (17/08/2017).

Maksum menambahkan bahwa pada Rabu malam (16/08/2017) telah dilaksanakan acara seminar kebangsaan untuk membekali para santri tentang kecintaan pada tanah air. Seminar tersebut mendatangkan narasumber yang berkompeten.

Dikatakan Maksum, meskipun baru pertama kali menggelar prosesi perayaan HUT RI, namun tidak mengurangi rasa khidmat dalam merenungi makna kemerdekaan.

“Persiapan acara ini cukup matang, agar sublimasi nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di hari kemerdekaan ini dapat dicerna dan terwujud dalam perilaku santri sehari-hari,” Tuturnya.

Secara terpisah salah satu Presidium Bakid Institute (BI), Mochammad Hisan yang juga ikut upacara, menjelaskan bahwa peran dan sumbangsih santri baik pada perjuangan kemerdekaan maupun pada saat mengisi kemerdekaan sudah tidak diragukan lagi oleh semua pihak.

“Sudah menjadi pengetahuan publik, bahwa kemerdekaan Indonesia tidak bisa dilepaskan dari keterlibatan para santri dalam mengusir penjajah, begitupun saat Indonesia merdeka, para santri dan pesantren berjuang merawat Indonesia dengan terlibat langsung dalam pendidikan yang murah, terjangkau dan tidak pernah membenani Negara. Ketika bicara Indonesia ya santri, ketika bilang santri ya Indonesia,” Jelasnya. (bay/hsn/lim)

Leave a Comment