Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 18 Apr 2024 16:23 WIB ·

Gelar Halal Bihalal, KB-TK Al Muslim tanamkan sifat saling memaafkan sejak dini


Gelar Halal Bihalal, KB-TK Al Muslim tanamkan sifat saling memaafkan sejak dini Perbesar

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Setelah liburan lebaran kurang lebih 2 pekan, semua siswa KB-TK Al Muslim masuk sekolah. Karena masih suasana lebaran maka sekolah mengadakan kegiatan halal bihalal.

Pada acara tersebut dengan tema yang diangkat adalah “Tebarkan Maaf, Bahagia, dan Semangat Kembali ke Sekolah”. Pada saat Bel berbunyi semua siswa berkumpul di hall, suasana riang, gembira, dan bahagia nampak pada wajah siswa-siswi KB-TK Al Muslim memakai busana muslim warna-warni.

Pembukaan halal bihalal oleh Ustazah Murtingsih selaku MC nya, selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Aiswa dan Aufar membacakan surat Al Insyiroh.

“Minal Aidin Walfaizin, dalam suasana Idul Fitri 1445 H ini, atas nama para ustazah dan seluruh civitas memohon maaf lahir dan batin apabila selama ini mempunyai kesalahan dan hilaf baik sengaja maupun tidak,” ucap Kepala KB-TK Al Muslim Siti Aminah, dalam sambutanya, Kamis (18/04/2024).

Kata Siti Aminah, kegiatan halal bihalal yang dikemas dengan menarik dan menyenangkan ini mengandung makna dan hikmah yang sangat mendalam, yaitu penguatan profil lulusan pada aspek Religious and Social, karakter suka memberi dan meminta maaf.

“Memaafkan sangat dianjurkan oleh semua agama. Setiap insan pasti mempunyai salah karena sejatinya manusia adalah tempat salah dan lupa,” paparnya.

Menurutnya, saat hari raya inilah momentum yang sangat tepat untuk saling memaafkan. Demikian juga untuk anak-anak harus ditanamkan sejak kecil pentingnya saling memaafkan.

“Dari hal-hal kecil yang pernah dilakukan terhadap teman sepermainannya, baik sengaja maupun tidak sengaja,” imbuhnya.

Sebagai penutup acara halal bihalal adalah bersalam-salaman didahului dari kelompok TK B. TK A, KB, Satpam, dan Cleaning Servis sekolah, selanjutnya semua menikmati hidangan kue lebaran baik yang dibawa siswa maupun guru. Hal ini bertujuan melatih suka berbagi makanan kepada sesama. (Imam Hambali/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Kunjung Ada Kejelasan dari Pemerintah, Pria Ini Perbaiki Jalan Rusak Pakai Uang Pribadi

24 May 2024 - 22:04 WIB

Kukuhkan Paguyuban BPD, Ini Harapan Plt Bupati Sidoarjo

23 May 2024 - 18:30 WIB

KONI Sampang Target Masuk 10 Besar di Porprov 2025

21 May 2024 - 16:22 WIB

Puluhan Wajib Pajak Air Tanah di Sampang Belum Lakukan Pembayaran

21 May 2024 - 14:25 WIB

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL