Fungsikan Balai Latihan Kerja Demi Cetak Tenaga Terampil Berkualitas

Peserta pelatihan saat melaksanakan praktek

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Dalam menekan angka pengangguran di Bangkalan, pemerintah setempat tengah mengupayakan berbagai hal. Salah satunya adalah menggelorakan fungsi balai latihan kerja (BLK) yang ada di Bangkalan.

BLK yang berada dibawah naungan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bangkalan tersebut rutin mengadakan Pelatihan. Pelatihan yang dibuka untuk umum itu terdiri dari enam jenis Pelatihan.

Diantaranya pelatihan kejuruan listrik, kejuruan otomotif, kejuruan las listrik, kejuruan komputer dan kejuruan menjahit serta Multimedia.

BLK yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK ini juga dilengkapi Fasilitas berupa alat praktek dengan standart nasional.

Setidaknya ada 16 komputer untuk stand multimedia, 16 mesin jahit berkecepatan tinggi, 16 mesin jahit standart dan 16 mesin bordir.

“Setiap kali akan mengadakan pelatihan dan sesudah pelatihan pasti kita cek semua fasilitas,” terang Kepala UPTD BLK Bangkalan Ashar Wibowo, Senin (09/07/2018).

Di bidang otomotif, terdapat satu mobil jenis corola lengkap beserta rangkanya. 4 buah mesin mobil berbahan bakar bensin, 4 buah berbahan bakar solar, 4 stand sepeda motor metik dan 4 stand motor biasa.

“Untuk perbaikan Fasilitas kita masih pakai tenaga dari Disperinaker sendiri, karena memang belum dianggarkan untuk perawatan khusus alat-alat itu,” ungkap Ashar Wibowo.

Untuk perawatan fasilitas tersebut nantinya akan dianggarkan jika ada kerusakan berarti pada Fasilitas yang ada.

“Kami tidak menganggarkan khusus untuk perawatan, biar untuk anggaran yang lain dulu, baru nanti jika ada kerusakan parah kami anggarkan,” jelasnya. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here