Fakta-fakta Seputar Foto Anies Baswedan Basah Kuyup Saat Banjir Menerjang Jakarta

DATA UPDATE CORONA JAWATIMUR
TOTAL KASUS POSITIF 51
SEMBUH 5 PDP 142
MENINGGAL 2 ODP 2.003


Screenshot

JAKARTA, lingkarjatim.com – Ketika jakarta dilanda banjir yang menenggelamkan banyak rumah. Para pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai foto Anies yang basah kuyup sambil menyeruput minuman untuk membelanya.

Foto itu diunggah dan diviralkan oleh situs tarbawia.net dengan judul provokatif. “Tak Diliput Media, Begini Kondisi Anies Saat Tangani Banjir Jakarta”.

Berdasarkan hasil penelusuran Indonesian Hoaxes, terungkap bahwa itu bukanlah foto yang diambil pada 1 Januari 2020. Itu merupakan foto lama yang diambil pada 20 Februari 2017 ketika Anies Baswedan yang masih menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta ketika mengunjungi kawasan banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Warna Jaket pelampung yang dipakai pun berbeda.  Jaket yang dikenakan Anies pada 20 Februari 2017 berwarna merah dengan lengan berwarna hitam. Sementara jaket yang dikenakan pada tanggal 1 Januari 2020 berwarna orange.

Fakta ini juga diperkuat dengan unggahan pada tanggal 21 Februari 2017 oleh akun Mas Shidik (fb.com/OmShidik) yang menampilkan foto yang sama dengan yang ditampilkan di situs tarbawia.net.

Juga ada foto lain yang diambil dari sudut yang berbeda yang menampilkan Anies dengan jaket merah hitam tersebut. Foto yang sama juga ditemukan di akun instagram terverifikasi milik Anies.

Narasi yang mengklaim Anies tak diliput media juga tidak sepenuhnya benar, karena foto-foto yang menampilkan Anies baik pada Februari 2017 dengan saat mudah ditemukan di media-media arus utama baik dengan pencarian gambar ataupun dengan kata kunci “Calon Gubernur Anies Baswedan mengunjungi lokasi banjir”, begitu juga dengan liputan terkait Anies Baswedan dan banjir Jakarta 1 Januari 2020. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here