Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 10 Jun 2020 13:52 WIB ·

DPRD Pertanyakan Penggunaan Anggaran Covid-19 Bangkalan


DPRD Pertanyakan Penggunaan Anggaran Covid-19 Bangkalan Perbesar

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangkalan mempertanyakan penggunaan anggaran hasil refocusing untuk penanganan covid-19 di kota Dzikir dan Sholawat.

Hal itu diungkapkan dalam rapat gabungan yang digelar bersama beberapa OPD terkait di ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bangkalan, Rabu (10/06).

Pimpinan rapat, Nur Hasan menyampaikan, rapat itu dalam rangka merespon beberapa informasi yang beredar dan untuk minta penjelasan terkait realisasi anggaran yang sudah direfocusing untuk penanganan covid-19.

“Berdasarkan paparan dari BPKAD, anggaran total keseluruhan adalah Rp 137 miliar, dan dari 137 miliar itu dibagi untuk BTT (bantuan tidak terduga) sekitar Rp 88 miliar dan ada dana DBHPR Rp. 2,4 miliar dan dana DBHPG Rp. 5,6 miliar, selebihnya itu sudah termasuk ke dalam 137 miliar itu,” kata dia usai rapat.

Selain itu, Ketua komisi D itu juga mengatakan, pihaknya juga ingin memastikan pembiayaan di RSUD untuk penanganan covid-19 itu. Menurutnya, ternyata tidak sebesar seperti Informasi yang sudah beredar di masyarakat.

“Ternyata setelah mendengar penjelasan dari pihak RSUD, biaya yang dihabiskan tidak sebesar seperti yang kita dengar dan kita bayangkan. Bahkan untuk pemakaman jenazah pun tidak semahal itu,” tambah dia.

Dengan hasil itu, Nur Hasan berharap dana hasil refocusing itu dimanfaatkan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Mudah-mudahan kinerja gugus tugas ini memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, jangan sampai menjadi antipati masyarakat bahkan menolaknya,” ucap dia.

Sementara itu, kepala bidang anggran BPKAD Bangkalan Moh Waki saat ditanya realisasi hasil refocusing, dia mengaku sulit untuk menjelaskan, karena anggarannya melekat di masing-masing OPD.

“Nanti kita lihat dulu, tapi intinya untuk dana BTT sudah terealisasi 31 persen, untuk lebih jelasnya bisa langsung ke OPD terkait,” kata dia. (Moh Iksan)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA