Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 15 May 2024 18:36 WIB ·

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya


DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya Perbesar

Rapat Paripurna DPRD Bangkalan tentang penetapan Raperda Fasilitasi Pondok Pesantren (Foto; Moh Iksan)

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangkalan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Fasilitasi Pesantren. Penetapan dilakukan dalam sidang paripurna penetapan Raperda fasilitasi pesantren di ruang paripurna DPRD Bangkalan, Rabu (15/05/2024).

Ketua DPRD Bangkalan, Efendi mengatakan, disusunnya Raperda Fasilitasi pesantren tersebut sebagai bentuk kehadiran pemerintah Bangkalan dalam menunjang pendidikan di pesantren, sehingga para santri juga bisa mengembangkan potensi dirinya.

“Di Bangkalan ini kan banyak pesantren, jadi pemerintah ingin hadir di sana untuk memendukung pendidikan di pesantren, baik dari segi fasilitas maupun kegiatan-kegiatan yang sifatnya umum,” ujarnya saat diwawancarai usai rapat paripurna.

Efendi juga mengatakan, dalam Raperda tersebut juga mengatur terkait pengalokasian anggaran bagi pondok pesantren yang nantinya akan melekat di masing-masing instansi pemerintahan sesuai kebutuhan pondok yang bersangkutan.

“Jadi Perda ini tidah hanya terkooptasi di satu dinas saja, melainkan menyesuaikan dengan kebutuhan pesantren,” katanya.

Meski demikian, politisi partai Gerindra itu mengatakan, Raperda tersebut merupakan trobosan baru, sehingga masih butuh penyesuaian dengan kemampuan APBD.

“Kita juga harus realistis, kita juga harus menyesuaikan dengan kemampuan APBD kita, jadi tidak semua pesantren bisa langsung terakomodir, karena ini juga merupakan hal baru,” katanya.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa raperda tersebut belum final, sebab masih akan diajukan ke Gubernur untuk dievaluasi. “Ini secepatnya akan dikirim ke gubernur untuk dievaluasi, mungkin nanti ada poin-poin yang butuh dievaluasi,” ucapnya. (Moh Iksan/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Kunjung Ada Kejelasan dari Pemerintah, Pria Ini Perbaiki Jalan Rusak Pakai Uang Pribadi

24 May 2024 - 22:04 WIB

Kukuhkan Paguyuban BPD, Ini Harapan Plt Bupati Sidoarjo

23 May 2024 - 18:30 WIB

KONI Sampang Target Masuk 10 Besar di Porprov 2025

21 May 2024 - 16:22 WIB

Puluhan Wajib Pajak Air Tanah di Sampang Belum Lakukan Pembayaran

21 May 2024 - 14:25 WIB

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL