Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 31 Dec 2022 15:21 WIB ·

Dinilai Kepala Daerah Muda dan Progresif, Achmad Fauzi Dianggap Layak Maju Pilgub Jatim


Dinilai Kepala Daerah Muda dan Progresif, Achmad Fauzi Dianggap Layak Maju Pilgub Jatim Perbesar

SURABAYA – Lingkarjatim.com,- pengamat politik Universitas Trunojoyo (Unijoyo) Madura, Surokim Abdussalam, menilai Bupati Sumenep Achmad Fauzi, layak menjadi kandidat pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Sebab, memiliki beberapa kelebihan.

“Dalam pengamatan saya, (Achmad Fauzi) masuk kategori kepala daerah kabupaten/kota milenial di Jatim yang cukup progresif dan berpandangan maju,” kata Surokim, saat dikonfirmasi, Sabtu, (31/12/22).

Secara kultur, lanjut Surokim, Fauzi juga bisa mewakili kultur Madura. Dengan demikian dapat menguatkan representasi arus bawah warga Jatim. “Sebagai kepala daerah dengan masyarakat dominan rural, tentu bisa memahami kebutuhan masyarakat bawah lebih baik,” kata Dekan FISIP Unijoyo ini.

Surokim menganggap wajar apabila ada tokoh Madura yang akan memimpin Jatim. Contohnya Gubernur Jatim 1967-1976 yang legendaris, Mohammd Noer. “Jika kita melihat sejarah, Gubernur Moh. Noer yg legendaris juga berasal dari kultur Madura, sehingga wajar saja jika ada tokoh dari Madura memimpin Jawa Timur,” katanya.

Di sisi lain, Surokim berpendapat Pilgub Jatim bak Liga 1 di Indonesia. “Sehingga, yang akan ikut kontes biasanya tokoh berkelas nasional, sangat kompetitif,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dispekulasikan maju di Pilpres 2024. Bahkan nama Khofifah jadi rebutan untuk mendampingi sejumlah nama, seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan hingga Ganjar Pranowo.

Andai tidak maju Pilpres, Khofifah tetap memiliki kans untuk kembali maju di Pilgub Jatim, namun spekulasi yang berkembang, hubungan Khofifah dengan sang wakil gubernur, Emil Elestianto Dardak kurang harmonis. Sehingga, dimungkinkan keduanya pecah kongsi di Pilgub Jatim mendatang. Hal ini membuka peluang kepada tokoh muda lainnya untuk mendampingi Khofifah. (Amal/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA