Demokrat Turunkan Rekom Cagub Pilgub Jatim Bulan Oktober

Soekarwo Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Partai Demokrat akan memutuskan kandidat yang bakal diusung di Pilgub Jatim 2018 pada Oktober mendatang. Pada bulan itu, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memutuskan apakah mengusung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul atau Khofifah Indar Parawansa sebagai cagub nantinya.

“Rekomendasi siapa kandidat yang bakal diusung akan turun pada Oktober, tidak sampai Desember,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Soekarwo, di Surabaya, Sabtu (23/9/2017).

Menurut Pakde Karwo, sapaan akrabnya, Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan memimpin rapat langsung untuk membahas rekomendasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim pada Oktober 2017. “Rapatnya diikuti oleh anggota majelis tinggi di Jakarta pada 10 Oktober nanti,” ujarnya.

Pada rapat majelis tinggi nantinya, lanjut dia, akan dibahas tuntas pasangan yang akan diusung di Pilgub Jatim 2018, termasuk ada atau tidaknya nama baru sebagai kandidat.

Nama baru tersebut adalah tokoh-tokoh yang belum mendaftar di masa penjaringan calon di daerah beberapa waktu lalu dan langsung berkoordinasi dengan DPP. Nama baru itu salah satunya adalah Mensos Khofifah Indar Parawansa yang telah berkomunikasi dengan SBY.

Saat ini, ada lima nama bakal calon gubernur Jatim yang mendaftar melalui Demokrat Jatim. Mereka adalah Wagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Waketum Demokrat Nurhayati Ali Assegaf, Ketua Kadin Jatim La Nyalla M Mattalitti, Inspektur Jatim Nurwiyatno (Cak Nur) dan perwira Mabes Polri Kombes Pol Syafiin (Gus Syaf). (Mal/Lim)

Leave a Comment