Delapan Jemaah Haji Asal Jatim Belum Bisa Pulang Hingga Kloter Terakhir

Gambar ilustrasi jamaah haji

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Musim haji 2018 telah berakhir. Seluruh kelompok terbang (kloter) dari Debarkasi Surabaya, Jawa Timur, sudah pulang ke tanah air pada Selasa kemarin (25/9).

“Hari ini kloter 83, kloter terakhir Debarkasi Surabaya sudah tiba di Surabaya. Tapi masih ada 8 jamaah yang masih di Arab Saudi karena sakit,” kata Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Jamal, dikonfirmasi.

Kata Jamal, hingga pemulangan kloter terakhir, jumlah jamaah haji asal Jatim yang sudah tiba di tanah air sebanyak 36.973 orang. Mereka terdiri dari 36.558 jamaah haji dan 415 petugas haji.

Sementara jemaah haji yang sakit selama musim haji 2018, lanjut Jamal, jumlahnya mencapai 25 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5 orang meninggal dunia, dan dimakamkan di Tanah Suci.

“Sedangkan jemaah yang sebelumnya sakit dan sudah diperbolehkan pulang sebanyak 12 orang. Sementara hingga hari ini, masih ada 8 jamaah yang belum pulang karena sakit dan berada di RS Arab Saudi,” katanya.

Adapun 8 jemaah haji itu adalah, Kadi Paijo Sonto Kromo Kloter 52 dari Trenggalek, Sumardi Kasbi Karto kloter 62 dari Kabupaten Nganjuk, Bambang Irianto Misin kloter 66 dari Kota Surabaya, Marsini Sumarto Tokarso kloter 74 dari Kabupaten Sidoarjo, Sampini Sardjo Syahlan kloter 76 dari Kabupaten Mojokerto, Mochamad Asik Ali kloter 76 dari Kabupaten Mojokerto, Matojah Sumodihardjo Ibrahim kloter 80 dari Kabupaten Jombang serta Dewi Chamidah Samsul Romli kloter 80 dari Kabupaten Jombang.

“Kita doakan bersama mudah-mudahan jamaah haji yang masih dirawat di tanah suci, segera sembuh dan kembali ke tanah air,” ujar Jamal.

Sementara jamaah haji yang meninggal dunia selama musim haji 2018 dari Debarkasi Surabaya sebanyak 68 orang. Rinciannya, 61 orang jamaah haji asal Jawa Timur, 4 jamaah haji asal NTT dan 1 jamaah haji asal Provinsi Bali. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here