Cegah Corona, Masyarakat Disarankan Konsumsi Rempah-rempah Herbal

Patugas saat memeriksa makanan dan minuman di salah satu swalayan

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Mangestuti Agil, menyarankan masyarakat konsumsi rempah-rempah tradisional alias herbal. Rempah tradisional dianggap ampuh menangkal dari Covid-19.

“Karena rempah tradisional itu dapat memaksimalkan kekebalan tubuh pada manusia. Sehingga masyarakat harus semakin masif konsumsi rempah tradisional, agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran Covid-19,” kata Mangestuti, dikonfirmasi, Selasa (3/3/2020).

Adapun rempah-rempah yang dimaksud, yakni temulawak, jahe, kunyit, bawang putih dan propolis. Spesies tanaman asli Indonesia itu dipercaya mampu dan mujarab untuk menjaga kesehatan tubuh, nemaksimalkan antibodi, antibiotik alami, dan memaksimalkan imun tubuh. “Kalau daya imun tubuh turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang, serta menyebabkan tubuh menjadi sakit,” katanya.

Mangestuti menjelaskan bahwa rempah-rempah dapur itu memiliki khasiat bagus untuk kekebalan tubuh manusia. Temulawak misalnya, memiliki manfaat untuk menjaga dan memaksimalkan daya tahan tubuh, serta menangkal virus-virus yang ada.

Baca Juga :  Maskapai Lion Air Hentikan Penerbangan dari Juanda Surabaya ke Tiongkok

Kemudian kunyit, memiliki kandungan senyawa kimia kurkumin, yang memiliki aktivitas antimikroba, juga efektif melawan bakteri, virus, dan jamur. Selain itu, ada juga minuman herbal yang memiliki kegunaan untuk menguatkan kekebalan tubuh, yaitu mengonsumsi susu telor madu jahe (STMJ)

Namun, kata Mangetuti, untuk menjaga agar imunitas tetap terjaga dengan baik, diperlukan berbagai upaya. Mulai adanya manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat, dan olahraga yang teratur.

“Kesemuanya itu sudah satu paket. Jika dijalankan dengan baik, maka imunitas akan kuat dan membuat manusia sehat. Sehingga bisa terhindar dari virus seperti Covid-19,” kata dosen Fakultas Farmasi Unair tersebut.

Menurutnya, bahan herbal bisa lebih cepat diterima dan menyatu dengan organ tubuh manusia. Asalkan dikonsumi dengan teratur, dan rutin yakni minimal tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Khofifah Siapkan Ruang Isolasi di Tiga RS Bagi Penderita Virus Corona

“Rempah-rempah itu sebenarnya sudah sedari dulu dikonsumsi nenek moyang kita, tapi banyak masyarakat yang belum menaruh perhatian. Padahal semua kasiat rempah tradisional itu sudah teruji, sehingga kita semua perlu mengoptimalkan agar imun tubuh kita kuat,” pungkasnya. (Amal Insani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here