Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 17 Aug 2017 12:19 WIB ·

Calon Haji Gelar Upacara HUT RI di Embarkasi Surabaya


Calon Haji Gelar Upacara HUT RI di Embarkasi Surabaya Perbesar

Jamaah Calon Haji (JCH) mengikuti upacara bendera

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Baru kali pertama Embarkasi Surabaya menggelar upacara Kemerdekaan Indonesia. Ratusan Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Surabaya mengikuti upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Kamis (18/8/2017).

Pantauan di lokasi, ratusan JCH berbaris rapi seperti upacara pada umumnya. Mereka mengenakan baju batik haji, dengan menggunakan pita merah putih dililitkan di atas kepala.

Selain laki-laki, para CJH wanita juga turut serta berkumpul untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 tersebut. Salah satu dari JCH bertugas menjadi pemimpin upacara, sementara yang betugas selaku inspektur upacara adalah Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Seluruh peserta upacara tampak antusias mengikuti prosesi upacara. Tak ada satu pun yang mundur dari barisan sebelum upacara ditutup oleh pemimpin upacara. Bahkan, para calon jemaah haji sempat mengabadikan momen langka upacara tersebut dengan menggunakan kamera ponsel mereka.

Salah satu calon jemaah haji Kloter 64 yang mengikuti upacara, Siti Rohimah (53), mengaku bahwa mengikuti upacara 17 Agustus di AHES merupakan pengalaman pertama kalinya, sebab sebelumnya jarang sekali mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Alhamdulillah senang, karena saya hampir enggak pernah ikut upacara. Ini pertama kalinya saya ikut upacara setelah lulus sekolah,” kata perempuan asal Pamekasan itu.

Pengalaman serupa juga dirasakan Rasidi Kurnia Efendi (42), Kloter 61 Pamekasan, Madura. Ia mengaku belum pernah mengikuti upacara seperti ini. Beruntung saat sebelum berangkatkan menuju Tanah Suci, ia mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di asrama haji.

“Saya senang sekali bisa ikut upacara ini. Ketika diajak untuk ikut upacara, saya langsung mengiyakannya dan tidak keberatan. Baru kali ini saya ikut upacara, apalagi upacara bersama Pak Wagub,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengatakan para jemaah ingin ada acara upacara seperti ini, dan teman-teman dari asrama memfasilitasi. “Ini pertama kali diadakan. Saya titip para jemaah mendoakan Indonesia aman, sejahtera. Saya juga keserempet kemulyaan para jemaah” kata Gus Ipul. (Mal/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jelang Pilkada, PKB Buka Pendaftaran Calon Bupati Bangkalan 2024

24 April 2024 - 17:32 WIB

Peringati HPN 2024, PWI Sidoarjo Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Banjir

24 April 2024 - 17:24 WIB

Halalbihalal dengan Wartawan, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Gaungkan Peduli Lingkungan

23 April 2024 - 19:52 WIB

Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Bupati Malang RK Akhirnya Bebas Bersyarat

23 April 2024 - 16:37 WIB

Pelantikan ASN Sidoarjo Cacat Prosedur, Sekda : Saya Mohon Maaf

23 April 2024 - 16:15 WIB

Tabrak Mobil Tronton, Suami Istri Pengendara Honda Vario Meninggal Dunia

23 April 2024 - 15:42 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL