Bupati Sampang Diminta Melek Rekam Jejak Peserta Mutasi

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sampang, Aulia Rahman.

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Jelang mutasi akbar dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, DPRD setempat meminta Bupati Sampang memperhatikan rekam jejak kinerja dari setiap peserta seleksi.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sampang, Aulia Rahman mengatakan bahwa dasar pelaksanaan mutasi tersebut harus berpedoman kepada ketentuan Pasal 197 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Mutasi.

“Sudah jelas dalam menyusun perencanaan mutasi Pegawai Negeri Sipil dengan memperhatikan berbagai aspek, salah satunya kompetensi, pola karier, pemetaan pegawai, kelompok rencana suksesi, perpindahan dan pengembangan karier,” katanya.

“Terutama tentang penilaian prestasi kerja/kinerja dan perilaku kerja, kebutuhan organisasi, dan sifat pekerjaan teknis atau kebijakan tergantung pada klasifikasi jabatan,” timpalnya.

Pihaknya berharap dasar mutasi pejabat oleh kepala daerah semestinya lebih pada pertimbangan objektif menyangkut kinerja pejabat yang bersangkutan. Bukan karena like and dislike karena ekses dukung mendukung di pilkada.

“Selama ini kami rasa Bupati sudah dapat mengantongi sejumlah pejabat yang memiliki raport baik dan tidak baik itu hal yang lumrah, karena setiap pimpinan kepala daerah juga memperhatikan bagaimana birokrasi yang ada berjalan maksimal,” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi memastikan bahwa dalam proses mutasi dilakukan atas dasar kesesuaian antara kompetensi PNS dengan persyaratan jabatan, klasifikasi jabatan dan pola karier, dengan memperhatikan kebutuhan organisasi, dan dengan memperhatikan prinsip larangan konflik kepentingan.

“Evaluasi kinerja para pimpinan OPD jelas sudah dilakukan, dengan tujuan agar kinerja dalam semua lini birokrasi berjalan maksimal untuk kepentingan dan kebutuhan rakyat,” katanya.

Dilanjutkannya, salah satu indikator evaluasi kenerja tidak lepas dari rekam jejak selama menduduki jabatan yang dilakukan selama ini, dan beberapa indikator lain yang bisa mempengaruhi atas kinerja dalam aspek pelayanan masyarakat.

“Lima tahun masa bakti saya untuk Kabupaten Sampang, semua komponen penunjang untuk menjalankan roda pemerintahan harus sejalan dengan apa yang termaktub dalam visi misi Sampang Hebat Bermartabat,” tambahnya.(Hyd/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here