Bupati Bangkalan : Sensus Penduduk 2020 Harus Sukses

Bupati Bangkalan Abdul Latief

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron meminta semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat ikut berpartisipasi dan mensukseskan sensus penduduk tahun 2020.

Ra Latif juga mengintruksikan kepada segenap jajaran eksekutif di lingkungan Pemkab Bangkalan untuk berperan aktif dalam mensukseskan sensus itu, karena menurut dia, hasil sensus itu sangat penting.

“Hasil sensus itu menjadi bahan penting sebagai acuan pembangunan Bangkalan ke depan,” ujar dia dalam acara sosialisasi pelaksanaan sensus penduduk 2020 di pendopo Pratanu Bangkalan, Kamis (13/02).

Ra Latif juga juga menyampaikan, sensus penduduk tahun 2020 pertama kali dilakukan secara online, sehingga dia berharap data penduduk yang diperoleh bisa sesuai dengan fakta di lapangan.

“Mudah-mudahan dengan sistem yang baru ini bisa lebih efektif dan bisa mewujudkan masyarakat Bangkalan yang sejahtera lebih cepat,” kata dia.

Baca Juga :  Rindu Perseba, K-Conk Mania Gelar Sarasehan Sepakbola

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangkalan, Widarto Adisiswanyo menyampaikan, sensus penduduk kali ini menggunakan metode kombinasi antara konvensional dan online.

“Sekarang masyarakat bisa mengujungi website sensus.bps.go.id, di laman itu sudah ada form dan masyarakat bisa mengisi form itu. Jika tidak bisa online akan didatangi langsung ke rumah masing-masing,” kata dia.

Widarto juga mengatakan, sensus online akan dimulai pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret, masyarakat yang bisa Online cukup mempersiapkan KTP dan Kartu Keluarga.

“Sedangkan untuk sensus manual atau pencacahan akan dilaksanakan pada tanggal 1-30 Juli 2020” lanjut dia.

Dia juga mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 1.600 petugas sensus yang akan bertugas di Bangkalan, namun menurut dia jumlah itu masih kurang.

“Nanti kita akan kontrak mitar BPS untuk ditempatkan di masing-masing kecamatan atau desa,” ucap dia. (Moh Iksan)

Baca Juga :  Paparkan KUA PPAS 2020, Pemkab Bangkalan Prioritaskan Enam Poin ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here