Bulan Puasa, Harga Gula Merah Naik

Foto : Pedagang gula merah di pasar Anum Sumenep.

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Awal Ramadhan Harga Gula Merah di Pasar Anum Sumenep Naik Tiga Ribu Perkilogram

Diawal Ramadhan ini dimungkinkan karena permintaan dari konsumen meningkat, menyebabkan harga gula merah atau yang biasa disebut gula aren perkilogramnya naik Rp3.000, mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp12.000 menjadi Rp15.000.

Salah seorang pedagang di Pasar Anum Baru Sumenep, Madura Jawa Timur Hasiyah menyatakan, hari ini gula aren memang mengalami kenaikan dari Rp12.000 menjadi Rp15.000 perkilogrmanya. Sabtu (27/5/2017).

Naikya harga gula aren saat ini tak lain karena permintaan konsumen meningkat selama Ramadhan, sementara persediaan yang ada sedikit.

Apalagi gula arennya yang di jual dilapaknya aseli produksi Sumenep tepatnya dari semjumlah Desa di Kecamatan Batang-batang dan kualitasnya terkenal bagus dibandingkan dengan gula aren dari pulau Jawa.

“Ia naik mas gula arennya mungkin karena ramai pembeli dan pesediaan bahan bakunya sedikit,”ucap ibu Ruhani, seorang pembeli.

Kata Ruhani, hal semacam ini sudah biasa terjadi di bulan Ramadhan yakni sejumlah harga sembako mengalami kenaikan,namun ada juga yang tetap bahkan mengalami penurunan harga.

Sementara itu Kepala Disperindag Sumenep, Saiful Bahri membenarkan bahwa di bulan Ramadhan sebagian sembako mengalami penaikan harga. Namun untuk menahan gejolak dari permainan spekulan pihaknya akan menggelar operasi pasar. (Lam/Nir)

Leave a Comment