Buka Raker II PWI, Begini Harapan Ketua DPRD Sidoarjo

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo menggelar Rapat Kerja (Raker) II Tahun 2023 di Villa Attaka Kota Batu, Jumat (8/12/2023) hingga Sabtu (9/12/2023).

Pembukaan raker dilaksanakan pada Jumat (8/9/2023) malam dan dibuka langsung oleh Ketua DPRD Sidoarjo H Usman, M Kes.

Sedangkan hari kedua raker, anggota PWI mengikuti Sosialisasi Pajak Daerah oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo.

Ketua DPRD Sidoarjo H Usman M Kes dalam kesempatan tersebut mengajak insan pers, khususnya anggota PWI untuk saling muhasabah atau saling introspeksi diri. Artinya bisa menempatkan diri di posisi masing-masing.

“Karena media, khususnya PWI adalah mitra strategis kita untuk mewujudkan Sidoarjo yang gemilang,” cetus politisi senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo ini, Jumat (8/12/2023) malam.

Untuk itu, lanjut Usman, PWI Sidoarjo sebagai organisasi profesi wartawan diharapkan untuk bisa terus saling mengawasi kinerja dari legislatif maupun eksekutif. Seperti pembuatan Perda maupun kebijakan-kebijakan lainnya yang dianggap kurang relevan.

“Karena satu tulisan ini lebih dahsyat dari pada peluru. Maka kami berharap kita sama-sama mempunyai fungsi kontrol,” imbuhnya.

Usman menegaskan, harmonisasi pemerintahan antara eksekutif dan legislatif ini sangat penting. Meski terkadang tidak semua pihak menyukai kebersamaan ini.

Padahal jika semua berjalan bersama maka setiap program yang dilaksanakan akan berjalan baik.

“Kalau misal ada disharmonisasi, maka program dari Pemkab Sidoarjo akan terhambat. Tentu yang rugi siapa? Ya masyarakat itu sendiri yang rugi,” tandasnya.

Usman menambahkan pihaknya berharap anggota PWI Sidoarjo dalam menulis sebuah informasi atau berita harus sesuai dengan hati nurani. Bukan atas dasar pesanan pihak lain.

“Karena ini bisa bahaya, sebuah tulisan kadang bisa membolak-balik fakta. Untuk itu dalam bekerja harus mengutamakan etika dan hati nurani kita. Jangan sampai tulisan yang dibuat dapat menyakiti atau membunuh karakter seseorang,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here