Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 7 Sep 2017 11:33 WIB ·

Buka Prodi Kedokteran, UINSA Surabaya Gandeng Pemprov NTB


Buka Prodi Kedokteran, UINSA Surabaya Gandeng Pemprov NTB Perbesar

(3 dari kanan) Abd. A’la dan TGB. Moh. Zainul Majdi serta undangan foto bersama usai acara seminar “Al-Quran dalam Bingkai Kebangsaan”

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya Prof. Abdul A’la menggandeng Pemerintah Provinsi NTB untuk mensukseskan pembukaan prodi Kedokteran. Hal itu ditandai dengan penandatanganan MOU dengan Gubernur NTB, TGB. Dr. Muhammad Zainul Majdi, di Ruangan Amphiteatre Lantai 3 Gedung Twin Tower, pada Kamis (07/09/2017).

A’la sapaan akrabnya, menuturkan Dalam minggu ini UINSA akan mengusulkan Prodi Kedokteran. Menurutnya, salah satu persyaratan mendirikan Prodi Kedokteran yaitu harus bekerjasama dengan 3 Provinsi terutama di daerah Indonesia Timur.

“Maka salah satunya Provinsi NTB, Jawa Timur, Insya Allah minggu depan akan kerja sama dengan Provinsi NTT,” Tuturnya.

Ia menambahkan, UINSA akan fokus pada penguatan kesehatan di pedesaan. Untuk tempat praktek sendiri, UINSA akan bekerjasama dengan Rumah Sakit Asrama Haji dan Rumah Sakit Islam (RSI) Jemur Wonosari. Sampai saat ini persiapan terus berjalan dengan baik dari segi sarana. Bahkan sudah ada 26 dokter yang siap mengajar.

“Semoga tahun depan atau kapan segera divisitasi oleh Kementerian dan kita bisa lebih mengabdi kepada masyarakat dalam berbagai ilmu dan pengabdian. Untuk tempat kuliahnya sendiri di Kampus 2 di daerah Gunung Anyar,” Imbuhnya.

Sementata Itu, Zainul sapaan akrab Gubernur NTB menyambut baik kerjasama ini. Ia berharap jika Prodi Kedokteran sudah dibuka masyarakat NTB bisa kuliah di UINSA. Apalagi lanjutnya, dulu UINSA pernah menjadi induk UIN Mataram.

“Kalau kedokteran sudah dibuka, kita ingin anak NTB bisa diberi beasiswa oleh Pemprov NTB untuk bisa belajar kedokteran di UINSA, kedua, UINSA kan sejarah akademiknya sudah lama, bahkan dulu jadi induk UIN Mataram,” Ungkap Alumni Universitas Al-Azhar Mesir ini usai mengisi seminar.

Pria yang juga Tahfidz Al-Quran itu menambahkan, sejarah pengabdian masyarakat yang sudah kuat tentu bisa dimanfaatkan oleh Pemprov NTB. “Kajian tentang masyarakat dan tentunya banyak hal dari UINSA yang bisa dimanfaatkan oleh NTB,” Tandasnya. (Sul/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA