Bertanding di Regional “Neraka” Tim Robot UTM Gondol Strategi Terbaik

SUNTIKAN SEMANGAT : Wakil Rektor III UTM dan Wakil Dekan III FT UTM Memberikan Semangat Pada Tim Robot Sakera UTM

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Kontes Robot Indonesia sudah digulirkan, pada tahun ini regional IV diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pada regional tersebut kampus-kampus bagian wilayah Indonesia timur berebut tiket untuk lolos ke tahap nasional, tidak terkecuali Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Pada regional IV ini kerap kali disebut sebagai regional “neraka”. Pasalnya, kampus-kampus langganan jura nasional Kontes Robot Indonesia tergabung pada regional IV ini, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan kampus-kampus besar lain di Jawa Timur.

Pada regional ini dipertandingkan empat kategori, yakni, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). UTM sendiri mengikuti kontes pada dua kategori, yaitu kategori KRSBI dan KRPAI.

Kompetisi dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 22-23 April 2019 di gedung M. Yusuf Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pada hari pertama digunakan sebagai running test, sedangkan pada hari kedua adalah match day.

Pada fase penyisihan grup tim robot UTM divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) yang bernama Sakera bertasding melawan tim robot dari Universitas Airlangga Surabaya. Sakera menang pengan skor 4-1. Pada pêrtandíngan berikutnya robot Sakera UTM melawan Tim robot Universitas Muhammadiyah Malang, Sakera kembali menang telak dengan skor 4-0. Dengan begitu dipastikan Sakera UTM lolos ke fase knock out dengan menyandang status sebagai juara grup.

Disela-sela pertandingan, Tim robot Sakera UTM mendapat suntikan semangat dari Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan, Boedi Mustiko, S.H., M.Hum, “Kita harus tetap semangat, robot kita secara teknis sudah baik, tinggal berdoa dan berharap keberuntungan berpihak pada kita” Ungkapnya, memberikan semangat.

Pada pertandingan fase knock out Tim robot UTM, Sakera bertanding melawan tim robot STIKOM Surabaya, seperti pada pertandingan sebelumnya Sakera menang mudah dengan skor 3-0. Namun sangat disayangkan tim robot Sakera UTM harus mendapat lawan tangguh pada fase perempat final yaitu tim robot PENS yang biasanya bertemu pada final atau semi final. Tim robot Sakera UTM harus mengakui ketangguhan Tim lawan dengan skor 0-1.

Kekalahan tersebut sempat membuat down tim robot yang jura 3 nasional pada kontes robot Indonesia tahun lalu tersebut. Tidak berlangsung lama, kekecewaan Tim robot Sakera UTM terobati dengan pengumuman panitia sebagai Tim dengan strategi terbaik. Dengan begitu, sangat besar kans robot Sakera UTM akan mendapatkan tiket untuk bertanding di tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Semarang nantinya. Tinggal menunggu hasil dari Regional lain.

Menyemangati Tim robot Sakera UTM, Wakil Dekan Bidang III Fakultas Teknik Achmad Jauhari, S.T., M.Kom brifing tim “Kita sudah maksimal, kita masih punya peluang, koleksi gol kita banyak. Kalau lolos ke Tingkat nasional saya siapkan dana untuk upgrade robot kita untuk lebih baik,” Kelakarnya pada tim robot Sakera UTM.

Adapun hasil lengkap pertandingan regional IV ini yaitu, juara I IRIS (Institut Teknologi Sepuluh Nopemper), Juara II ERSOW (Politeknik Elektronika Surabaya), Juara III GERHANA DEWARUCI (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya), Juara Harapan ENSPARTAN (Universitas Brawijaya), Desain Terbaik IRIS (Institut Teknologi Sepuluh Nopemper) dan Strategi Terbaik SAKERA (Universitas Trunojoyo Madura)

Sedangkan pada divisi robot pemadam api, robot UTM yang bernama Marlena belum beruntung, Marlena fail  di kesempatan dua kali running. Marlena sudah mampu mendeteksi lokasi api tapi gagal memadamkan api tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here