Bacagub Jatim Khofifah Minta Doa dan Dukungan Pengasuh Ponpes Sidogiri

Khofidah Indar Parawansa bersama Pengasuh Ponpes Sidogiri

PASURUAN, Lingkarjatim.com – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa semakin memantapkan niatnya untuk maju pada Pilgub Jatim 2018 mendatang. Hal itu terlihat saat Khofifah meminta restu kepada Pengasuh Ponpes Sidogiri, Pasuruan, Sabtu (30/09/2017).

Sebelum menyerahkan bantuan kepada 4000 anak yatim piatu di aula LAZ Sidogiri, Bacagub Jatim yang telah mendapat dukungan dari PPP dan Partai Hanura itu sowan ke kediaman KH Fuad Nur Hasan, salah satu majelis keluarga Ponpes Sidogiri untuk meminta doa dan dukungan.

Khofifah mendatangi pesantren yang mempunyai santri sekitar 21 ribu itu didampingi beberapa Kiai, diantaranya adalah KH Mahmud Ali Zain, KH Sayfullah Muhyidin, KH Nur Hasan Ghazi dan sejumlah Kiai lainnya. Mereka adalah keluarga besar Ponpes Sidogiri

Langkah Khofifah untuk mendatangi Ponpes Sidogiri dinilai sangatlah tepat. Para alumni pesantren yang didirikan oleh KH Sayyid Sulaiman itu banyak yang menjadi kiai yang berpengaruh dan tersebar di seantero Negeri dan di Jawa Timur khususnya.

Berdasarkan keterangan, KH Sayyid Sulaiman adalah salah satu santri Sunan Giri yang ditugaskan untuk membangun pesantren di Pasuruan. Karena ditugaskan oleh Sunan Giri akhirnya Ponpes tersebut dinamakan Sidogiri yang mempunyai arti utusan atau perintah Sunan Giri.

“Oleh karena itu Pesantren Sidogiri merupakan pesantren yang tergolong tua di Jawa Timur karena sudah ada sejak masanya Sunan Giri,” ujar salah satu alumni Ponpes Sidogiri yang saat menjadi pengasuh salah satu Ponpes di Madura. (Lim)

Leave a Comment