Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 11 Jul 2017 04:02 WIB ·

Atasi Kekurangan Air, Ikamaba Gotong Royong Membuat Penampungan Air


Atasi Kekurangan Air, Ikamaba Gotong Royong Membuat Penampungan Air Perbesar

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Ikatan Mahasiswa Bangkalan (IKAMABA) Surabaya melakukan gotong royong bersama masyarakat membangun penampungan air di Desa Daleman Galis Bangkalan, Senin (10/7/2017). Penampungan air tersebut tujuannya untuk mengatasi masalah kekurangan air di kampung daleman.

Salah satu persoalan yang dihadapi oleh masyarakat daleman paling utara ini adalah akses air masih belum banyak tersalurkan ke rumah rumah warga. Sehingga untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air dibangunlah penampungan yang diinisiasi masyarakat sendiri agar air bisa tersalurkan ke rumah warga yang ada di kampung Daleman utamanya yang kekurangan air.

“Selain untuk kebutuhan air di masjid, dari penampungan air ini akan disalurkan ke rumah warga yang belum punya sumur,” ungkap Imin, salah satu warga Daleman.

Dalam perencaan dan pembangunan penampungan air ini, masyarakat sudah tergolong mandiri. Karena tidak bergantung pada pemerintah sama sekali. Mereka iuran sendiri untuk segala kebutuhan pembangunan tersebut. Mulai dari batu bata, semin, pasir dan kebutuhan lainnya.

Menurut Ahmad ketua umum IKAMABA Surabaya yang tengah melakukan Bina Desa di desa tersebut menjelaskan bahwasanya di Desa Daleman ini masyarakatnya sangat potensial untuk mewujudkan pembangunan yang bersifat partisipasitif. Karena masyarakatnya proaktif dalam segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

“Adanya inisiasi masyarakat bersama dan bekerjasama untuk membuat penampungan air ini sudah sangat terlihat kekompokan masyarakat disini” ungkapnya kepada wartawan lingkarjatim.com.

Ia menambahkan, bahwasanya inti dari pemberdayaan masyarakat berbasis PAR (Participatory Action Research)  adalah ketika masyarakat sudah mampu mengetahui dan menyadari masalahnya sendiri dan mencari solusi sendiri serta bergerak bersama untuk merubah keadaan bagian dari ciri ciri pemberdayaan yang partisipatif (diq)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA