Argentina Pulang, Prancis Rayakan Kemenangan

DATA UPDATE CORONA JAWATIMUR
TOTAL KASUS POSITIF 51
SEMBUH 5 PDP 142
MENINGGAL 2 ODP 2.003
Istimewa

SPORT, Lingkarjatim.com- Laga Prancis melawan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Sabtu Malam (30/6/2018) berakhir dengan kemenangan Prancis. Skor akhir laga tersebut 4-3.

Di menit-menit awal babak pertama pertandingan berjalan dengan tempo sedang. Kedua tim terlihat lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah.

Di menit ke-4 Angel Dimaria melakukan sebuah percobaan. Sayang, tembakannya melayang jauh di atas mistar gawang.

Memasuki menit ke-7 laga mulai menarik, saat Prancis mulai melakukan serangan. Mengandalkan kecepatan bintang muda mereka Kylian Mbappe, Prancis menusuk dari sisi sayap.

Tim berjuluk si Ayam Jantan ini nyaris memimpin lebih dulu. Jika tembakan Antoine Griezmann pada menit ke-8 dari tendangan bebas tidak membentur mistar.

Tendangan bebas diberikan wasit setelah Javier Mascherano melanggar Kylian Mbappe.

Prancis akhirnya benar-benar unggul

Memasuki menit ke-12 prancis mendapatkan hadiah penalty setelah Mbappe yang melakukan solo run dijatuhkan didalam kotak terlarang oleh Marcos Rojo. Wasit pun menghadiahi Rojo kartu kuning.

Griezmann yang ditunjuk menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Ia menjalankan tugasnya dengan sempurna untuk mengantarkan Prancis unggul 1-0 setalah sepakannya tidak dapat dibendung penjaga gawang Argentina, Franco Armani.

Lagi-lagi lini pertahanan Argentina membuat kesalahan yang nyaris berbuah malapetaka di menit ke-20.

Nicolas Tagliafico mengganjal jatuh Mbappe yang berlari kencang mencoba menerobos ke dalam kotak penalty.

Beruntung pelanggaran itu terjadi sedikit di luar kotak penalty. Wasitpun menunjuk tendangan bebas. Paul Pogba yang mengambil kesempatan itu gagal dimanfaatkannya dengan baik.

Tertinggal satu gol membuat Argentina mencoba bangkit. Mereka berusaha melakukan tekanan ke pertahanan Prancis untuk mengejar ketertinggalan.

Tapi mereka masih kseulitan menembus pertahanan kokoh Prancis. Tim Tango mendominasi penguasaan bola sebesar 60 persen.

Pelan tapi pasti, Argentina akhirnya berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit ke-41.

Angel di Maria yang berdiri bebas di luar kotak penalti melepaskan tembakan keras yang merobek jala gawang Prancis setelah menerima umpan sodoran Ever Banega.

Hingga turun minum tak ada gol tambahan yang tercipta.

Pada babak kedua, Argentina melakukan pergantian pemain. Marcos Rojo yang cedera digantikan oleh Nicolas Tagliafico.

Laga pun berjalan menarik setelah Argentina berhasil membalikkan kedudukan di menit ke-48.

Kali ini Hugo Lloris di paksa memungut bola dari dalam gawangnya setelah bola tembakan Lionel Messi dari dalam kotak penalti yang membentur kaki Gabriel Mercado berbelok arah dan mengecohnya.

Skor pun berubah menjadi 1-2 untuk keunggulan tim Tango.

Tertingal satu angka membuat Prancis meningkatkan serangannya dengan melakukan tekanan demi tekanan ke pertahanan Argentina.

Tak sia-sia, usuaha mereka membuahkan hasil manis. Di menit ke-57 Prancis berhasil menyamakan kedudukan.

Tembakan keras Benjamin Pavard yang menyambar bola umpan silang Lucas Hernandez tak dapat di bendung Armani. Skor pun menjadi 2-2.

Prancis yang mengandalkan serangan balik cepat berbalik unggul jadi 3-2 di menit ke-64. Kylian Mbappe dengan kecapatannya berlari menusuk ke dalam kotak penalty dan melepaskan sepakan dengan kaki kirinya yang gagal di antisipasi Armani.

Argentina semakin tenggelam setelah Prancis memperbesar keunggulan jadi 4-2 di menit ke-69.

Kylian Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Memaksimalkan umpan sodoran Giroud yang sempat menjadi kemelud di depan gawang, ia melepaskan tembakan yang gagal di bendung penjaga gawang Argentina.

Argentina hanya mampu memperkecil kekalahan jadi 3-4 di masa injury time (90+3) melalui gol yang dicetak Sergio Aguero.

Tapi Argentina harus memupus harapannya untuk melaju ke babak selanjutnya setelah wasit meniup peluit panjang yang menandakan berakhirnya laga.

Dengan itu Prancis berhasil keluar menjadi pemenang dan berhak lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan Argentina harus pulang dengan kepala tertunduk.

Susunan pemain:

Prancis: Hugo Lloris, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Blaise Matuidi, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Olivier Giroud.

Argentina: Franco Armani, Nicolas Tagliafico, Marcos Rojo, Nicolas Otamendi, Gabriel Mercado, Enzo Perez, Javier Mascherano, Ever Banega, Angel Di Maria, Lionel Messi, Cristian Pavon.

(Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here