Anggota DPR RI Asal Madura Minta Kemenhub Awasi Transportasi Laut

JAKARTA, LingkarJatim.com – Kapal kargo, KM Asia Prima I yang terbakar di perairan dekat dermaga domestik Terminal Petikemas Surabaya (TPS) menimbulkan keprihatinan bagi komisi V DPR RI. Komisi yang membidangi masalah perhubungan dan infrastruktur ini meminta kepada kementerian perhubungan agar meningkatkan kinerjanya.

“Baru baru ini tidak sampai sebulan, di darat tepatnya di puncak Bogor, terjadi kecelakaan. Sekarang di laut, kapal kargo terjadi kecelakaan. Karenanya kami minta kemenhub untuk meningkatkan kinerjanya,” ujar Moh. Nizar Zahro, Anggota Komisi V DPR RI, Jumat (5/5).

Bentuk peningkatan dari kinerja adalah pengawasan terhadap moda transportasi baik di laut maupun di darat. Selama ini, kememhub menurut Nizar hanya mengklaim saja telah menjalin komunikasi baik itu pembinaan maupun pengawasan.

“Klaim itu akhirnya terbukti dengam banyaknya insiden kecelakaan baik moda transportasi darat maupun moda transportasi laut,” tegas politisi dari Fraksi Gerindra ini.

Nizar juga menuturkan, mengenai kasus kebakaran tersebut pihaknya meminta baik kepada kemenhub melalui dirjen perhubungan laut lewat otoritas pelabuhan tanjung perak  untuk mengusut sebab kecelakaannya. Bila memang Kapal Perusahaannya lalai dalam melakukan prosedur maupun melanggar aturan, harus ditindak dengan tegas.

“Ini untuk memberikan efek jera bagi pelaku usaha transportasi laut agar tidak lalai dalam merawat kapal kapalnya sehingga tidak terjadi kecelakaan lagi yang bisa mengakibatkan korban jiwa maupun kerugian,” pungkas politisi dari dapil Madura ini. (nir)

Leave a Comment