Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 1 May 2018 08:00 WIB ·

Ajak Sholat Berjamaah, KH Abdul Jalal Kenalkan Gus Ipul pada Ribuan Santri Nurul Qodim


Gus Ipul saat berada di pesantren Nurul Qodim yang ada di desa Kali Kajar Kulon, Paiton. Perbesar

Gus Ipul saat berada di pesantren Nurul Qodim yang ada di desa Kali Kajar Kulon, Paiton.

Gus Ipul saat berada di pesantren Nurul Qodim yang ada di desa Kali Kajar Kulon, Paiton

PROBOLINGGO, Lingkarjatim.com – Memanfaatkan jeda kampanye, Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengunjungi dan sowan ke sejumlah Kiai sepuh di Probolinggo.

Sowan Kiai salah satunya yang dilakukan Keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini dengan mendatangi kediaman Kiai karismatik, KH Hasan Abdul Jalal, pengasuh pesantren Nurul Qodim yang ada di desa Kali Kajar Kulon, Paiton.

Di pesantren tua yang didirikan sejak sebelum kemerdekaan ini, Gus Ipul disambut hangat pengasuh pesantren KH Hasan Abdul Jalal, serta belasan Lora (putra Kiai) dan keluarga ndalem.

Perbincangan hangat meluncur diantara mereka. Orbrolan ringan ini sempat terhenti karena adzan duhur dan Gus Ipul, KH Jalal serta belasan Lora lantas mengikuti sholat jamaah di masjid pondok yang memiliki ribuan santri ini.

Usai Sholat, KH Jalal juga memperkenalkan dan mempersilakan Gus Ipul untuk memberikan sambutan dan memotivasi ribuan santri yang ada di pesantren itu.

Usai sholat jamaah, Gus Ipul juga sempat diajak masuk ke dalam kamar pribadi KH Jalal untuk mendapatkan doa khusus dari sang Kiai. “Semoga Gus Ipul bisa menjadi Gubernur. Kami semua di sini mendoakan,” kata KH Jalal.

Dukungan dan doa dari keluarga besar pesantren Nurul Qadim ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Sebagai calon yang didukung para ulama sepuh, beragam pesantren termasuk Nurul Qodim akan selalu mendoakan dan mendukung Gus Ipul.

Sementara itu, sebelum berkunjung ke KH Jalal, Gus Ipul juga sowan ke kediaman KH Moh Zuhri Zaini di Pesantren Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton. Gus Ipul tiba di kediaman KH Zuhri sekitar pukul 08.00 WIB dan langsung dipersilakan ke ndalem utama.

Di dalam kediaman KH Zuhri sejumlah Lora dari pesantren Nurul Jadid juga berkumpul. Sambutan hangat mereka berikan ke Gus Ipul.

Usai dari kediaman KH Zuhri, Gus Ipul lantas melanjutkan rangkaian sowan ke kediaman Habib Alwi Bin Muhammad Assegaf yang ada di Desa Jagung Wetan, Paiton, Probolinggo.

Wedang jahe hangat menemani perbincangan akrab antara Gus Ipul dan Habib Alwi di emper rumah berusia tua bergaya klasik ini. “Saya pasti mendukung antum (kamu). Ini amanat para Kiai, antum harus jadi gubernur,” ujar Habib Alwi.

Saat berbincang santai ini, Habib Alwi juga sempat memanggil para tetangga dengan pengeras suara yang ada di depan rumah. “Ayo bapak, ibu ini ada Gus Ipul, calon gubernurnya para Kiai dan Habaib yang harus dan wajib kita dukung,” kata Habib Alwi. (*)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA