Abdimas di Plakaran, Mahasiswa UTM Bikin Alat Pemipil Jagung

BANGKALAN, lingkarjatim.com – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang melakukan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) di Desa Plakaran, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan berhasil membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) alat pemipil jagung.

Teknologi Tepat Guna (TTG) yang mereka buat didemonstrasikan mengenai cara pembuatan dan pemakaiannya kepada warga desa setempat, Rabu (1/1/2020).

Menurut Samhaji, salah satu warga desa plakaran merasa bersyukur dengan adanya abdimas mahasiswa UTM yang membuat Teknologi Tepat Guna karena dapat membantu dan mempercepat proses pemipilan jagung dari pada biasanya yang dilakukan warga dengan menggunakan tangan.

“setelah dilakukan demonstrasi TTG rupanya mendapat respon baik dan memberi ketertarikan bagi warga untuk memilikinya,” ungkap Ramdhan selaku penanggungjawab teknologi tepat guna setelah menerima pertanyaan dari Ibu Luri, Apakah bisa menggunakan dinamo motor lain selain motor listrik baru seperti yang mas gunakan?

Baca Juga :  Banjir Lagi, Kemacetan Mulai Terjadi di Kecamatan Blega

Lebih lanjut, Ramdhan juga menjelaskan bahwa tantu saja bisa menggunakan dinamo listrik lainnya, seperti; dinamo bekas pompa air, mesin cuci dan lain sebagainya. Asalkan daya dari dinamo tersebut cukup besar untuk memipil jagung. Perkiraan daya dari dinamo tersebut ¼ HP.

Selain membuat dan mendemonstrasikan Teknologi Tepat Guna (TTG), diketahui para mahasiswa UTM yang melakukan Abdimas juga membekali warga desa setempat dengan produk unggulan Puding Jagung Susu Keju (PUJASUKE) dan Nugget Jagung (NUJA). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here