500 Penari Moang Sangkal Siap Meriahkan Acara Pembukaan FKMA

Ratusan orang yang akan mengikuti latihan tari Moang Sangkal

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Sejumlah tarian tradisional siap memeriahkan acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asean (FKMA) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumenep mulai 27-31 Oktober 2018. Salah satunya adalah tarian tradisional Moang Sangkal (Tari Moang Sangkal).

Bupati Sumenep Abuya Busyo Karim mengatakan, untuk memeriahkan acara yang akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo tersebut, setidaknya akan ada 500 orang yang akan memeriahkan acara pembukaan dengan tari muang sangkal.

“Tari muang sangkal itu akan dilakukan oleh 500 orang, juga ada ada tari topeng sekitar seratus orang lebih,” Kata Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim.

Pantauan di Lokasi, tepatnya di depan Masjid Jami’ Sumenep, Jum’at (26 Oktober 2018), sekitar Pukul 06.00 pagi, ada ratusan orang yang sedang melakukan latihan tari moang sangkal untul memeriahlan acara FKMA.

“Saya bangga bisa terpilih menjadi salah satu penari moang sangkal dalam penyambutan presiden sekaligus juga tidak menyangka saya akan tampil di festifal keraton masyarakat adat ini,” Kata Firda, salah seorang yang sedang latihan tari tersebut.

“Ini merupakan momen langka yang dimiliki kami jadi kami harus semangat dan akan mempersembahkan yang terbaik untuk sumenep dalam perayaan FKMA ASEAN ke –V,” Tutur Firda di sela sela latihan moang sangkal didepan Masjid Jamik Sumenep.

Meski bayak kesulitan dalam latihan, 500 orang penari itu optimis dapat menyukseskan dan memeriahkan acara yang dihelat tersebut. (Lam/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here